Menkominfo Bertemu Mendag Luar Negeri Prancis, Apa yang Dibahas?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bersama Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis Olivier Becht di Jakarta, Rabu, 21 September 2022.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis Olivier Becht.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Pertemuan bilateral antara keduanya mendiskusikan tiga proyek yang berkaitan dengan transformasi digital. Pertama, membahas mengenai proyek Satria-1 yang dibiayai Pemerintah Prancis dan perusahaan Tales Alemania Space.

"Kedua, mengenai Pusat Data Nasional (PDN) yang memasuki tahap akhir pembahasan pembiayaan dan dalam waktu dekat akan dilakukan ground breaking (peletakan batu pertama)," ujar Johnny G Plate di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu, 21 September 2022.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Ketiga, berkaitan dengan digitalisasi pertelevisian di mana proyek untuk TVRI digital broadcasting yang dibiayai Pemerintah Prancis beserta teknologinya yang akan masuk tahap akhir diskusi teknis menyangkut kontrak.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

"Kita harap segera dimulai karena pembiayaan rupiah sudah tersedia. Kita juga bicara potensi-potensi pengadaan satelit berikutnya dan kebutuhan satelit 1TB per second karena saat ini baru 230GB per second dari dua satelit," lanjutnya.

Menurutnya, Indonesia membutuhkan lebih dari 700GB per second di mana Pemerintah Prancis ingin memberi dukungan layanan satelit untuk kebutuhan transformasi digital secara khusus.

Menkominfo juga melakukan diskusi terkait keamanan siber di mana negara itu memiliki teknologi yang bagus. Guna memperkuat keamanan siber di Indonesia, hal tersebut akan disampaikan ke Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN.

"Hubungan Kominfo dan Kemendag Luar Negeri Prancis sangat dekat. Banyak proyek sukses dan kami saling memberikan dukungan transformasi di Indonesia, termasuk energi dan kebutuhan konektivitas. Indonesia dan Prancis perlu satelit-satelit untuk tingkatkan hubungan bilateral di sektor ekonomi,” tutur Menkominfo Johnny G Plate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya