Detik-detik Pesawat NASA yang akan Tabrak Asteroid

Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART yang mendekati asteroid Dimorphos.
Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART yang mendekati asteroid Dimorphos.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) akan segera melakukan misi pertahanan planet yang pertama di dunia dengan menabrak bulan Dimorphos yang diketahui mengikuti asteroid Didymos.

Tentu saja misi ini tidak menimbulkan risiko nyata bagi Bumi. Ini hanyalah sebuah eksperimen yang jika berhasil, suatu hari nanti akan digunakan untuk membuka jalan melindungi planet kita dari bencana luar angkasa.

Double Asteroid Redirection Test (DART) diluncurkan November tahun lalu. Didymos dan Dimorphos akan melakukan pendekatan terdekat ke Bumi dalam beberapa tahun mendatang pada akhir September, melewati jarak sekitar 6,7 juta mil (10,8 juta kilometer) dari planet kita.

Dampaknya akan terjadi pada hari ini, pukul 19:14 ET atau Selasa besok, 27 September 2022 pukul 06:14 WIB. Aksi tumbukan ini dapat ditonton langsung di NASA TV dan saluran YouTube agensi asal negeri Paman Sam tersebut.

Misi pertahanan planet NASA, DART

Misi pertahanan planet NASA, DART

Photo :
  • NASA

Proyek Teleskop Virtual yang berbasis di Roma   juga telah bekerja sama dengan beberapa observatorium di Afrika Selatan, dan akan menunjukkan asteroid target secara real-time pada saat tabrakan yang dijadwalkan.

Menurut situs Daily Mail, Senin, 26 September 2022, para astronom mengatakan bahwa siapa pun yang menyaksikannya untuk melihat dampak, mungkin akan melihat perubahan kecerahan asteroid sebagai akibat dari tabrakan.