Cara Resize PDF Menjadi 1 MB Onlie dan Offline

Portable Document Format atau PDF.
Sumber :
  • www.pdfa.org

VIVA Tekno – Portable Document Format (PDF) adalah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran digital. Saat ini sejumlah instansi maupun perguruan tinggi menjadikan syarat pertukaran dokumen dalam bentuk PDF agar isi dalam dokumen tidak berubah.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Nah, hal ini dikarenakan PDF memiliki sifat fleksibel, alias dapat dibuka di komputer manapun atau ponsel tanpa adanya perubahan pada isinya. Kamu juga dapat memberi keamanan tambahan dengan menambahkan password agar tidak dapat diedit sembarangan.

file PDF

Photo :
  • U-Report
Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Karena memiliki banyak keunggulan, ukuran atau size PDF akan jadi lebih besar daripada file lain. Sehingga menyulitkan proses pertukaran dokumen. Terlebih banyak server yang menentukan batas maksimal size PDF yang dapat diunggah, apabila melebihi batas maksimal file akan ditolak.

Biasanya batas maksimal file PDF yang dapat diunggah adalah 1 MB atau kurang dari itu, jika melebihi muatan, file akan ditolak dan diminta untuk di-resize atau dikompres terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara resize PDF?

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Berikut ini  cara memperkecil atau resize PDF dengan aman dan mudah baik secara online maupun offline:

Cara resize PDF
Cara resize PDF menggunakan situs Ilovepdf

Cara resize PDF yang pertama dengan menggunakan situs ilovepdf.com, dalam situs ini kamu dapat me-resize PDF sesuai keinginan. Selain dapat merubah ukuran, situs ini juga menyediakan fitur merubah file PDF menjadi Word, JPG dan lain-lain.

IlovePDF

Photo :
  • Tangkapan layar ilovepdf.com

Caranya? Buka situs ilovepdf, kemudian klik Kompres PDF, pilih file PDF yang akan kamu kompres, nanti akan diberi tiga pilihan ini; extreme, recommended dan less. Kamu dapat memilih sesuai yang kamu inginkan.

Jika ukuran file masih kurang atau masih terlalu besar dari 1MB, kamu dapat save terlebih dahulu file yang telah dikompres, kemudian ulangi cara yang sama.

Resize PDF menggunakan Microsoft Word

Cara resize PDF dengan Microsoft Word dapat dilakukan dengan mudah. Namun, cara ini hanya dapat digunakan di Microsoft Word 2010 ke atas. mari simak caranya berikut ini:

Pertama buka PDF di Word, klik Open di menu File kemudian pilih file PDF kamu, atau seret file PDF ke halaman Word.
Kemudian klik File, lalu klik Save As
Tentukan folder penyimpanan, pada save as type pilih PDF.
klik Optimize for
Pilih Minimum size
Klik Save
Cara resize PDF menggunakan Free PDF Convert

Terakhir, kamu dapat situs freepdfconvert.com, sama dengan situs ilovepdf, kamu bisa me-resize ukuran PDF dengan mudah dan cepat secara online.

Caranya pun tidak jauh beda, kamu tinggal kunjungi situs freepdfconvert, lalu pilih file yang akan di-resize, nanti situs akan merubah ukuran PDF menjadi sesuai keinginan, kamu hanya perlu menunggu beberapa menit.

Ilustrasi penis.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Berbicara ukuran penis mungkin akan dipandang sebagai sesuatu yang tabu, tapi sebagian dari pria di dunia kerap membicarakan hal ini entah itu lebih besar atau lebih baik

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024