Bulan Ikut Tunjukkan Bukti Dinosaurus Punah akibat Asteroid

Ilustrasi dinosaurus.
Ilustrasi dinosaurus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Tabrakan asteroid di bulan jutaan tahun yang lalu sesuai dengan hantaman batu ruang angkasa yang besar di Bumi, termasuk dampak besar yang berhasil memusnahkan dinosaurus nonavian.

Temuan ini mengungkapkan bahwa dampak besar selama prasejarah Bumi bukanlah peristiwa yang terisolasi, mengutip dari situs Space, Kamis, 29 September 2022.

Sebaliknya, serangan asteroid ini disertai dengan serangkaian hantaman kecil baik di bumi maupun bulan, yang permukaannya dipenuhi lebih dari 9.000 kawah yang ditinggalkan oleh tumbukan batuan luar angkasa.

Penelitian ini dapat membantu para astronom lebih memahami dinamika tata surya bagian dalam dan membantu dalam menghitung kemungkinan bahwa planet kita akan dihantam oleh batuan luar angkasa masif yang berpotensi menghancurkan di masa depan.

Para ilmuwan dari Pusat Sains dan Teknologi Antariksa Universitas Curtin (SSTC) di Australia memperoleh hasilnya dengan mempelajari manik-manik kaca mikroskopis dalam sampel tanah bulan yang dikembalikan ke Bumi oleh misi bulan Chang'e-5 China pada tahun 2020 lalu.

Manik-manik kaca kecil ini diciptakan oleh panas dan tekanan hebat yang dihasilkan oleh serangan meteor. Artinya, para peneliti dapat merekonstruksi garis waktu pemboman bulan dengan menilai usia manik-manik ini.

Saat melakukan ini, tim SSTC menemukan bahwa waktu dan frekuensi tumbukan asteroid di bulan dicerminkan oleh serangan batu ruang angkasa di Bumi, yang berarti garis waktu yang dibuat tim juga dapat memberikan wawasan tentang evolusi planet kita.

Halaman Selanjutnya
img_title