Telkomsel Lagi Cari UMKM yang Mau 'Go Digital'

Gerai Telkomsel.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA Tekno – Saat ini, pemerintah sedang menargetkan sebanyak 30 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada 2024. Tentu saja hal ini harus didukung dengan literasi keuangan dan literasi digital yang memadai.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, selain mampu bertahan, UMKM yang terhubung dalam ekosistem digital bahkan mampu tumbuh dengan kenaikan hingga 123 persen, di mana ketika awal pandemi Covid-19 tercatat hanya 8 UMKM, namun kini mencapai 20,2 juta yang terhubung ekosistem digital.

Keberhasilan UMKM ini tentu tidak lepas dari peran serta BUMN yang terlibat aktif untuk terus berinovasi menciptakan aplikasi digital. Salah satunya Telkomsel.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Vice President Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu mengatakan masih banyak pelaku UMKM yang perlu berkolaborasi untuk mulai melakukan transformasi digital.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Aplikasi Kuncie.

Photo :
  • Dok. Kuncie

Oleh karena itu, anak usaha Telkom ini membangun ekosistem digital yang mampu menjadi solusi komprehensif bagi sektor UMKM dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara digital, serta membuka peluang kolaborasi lebih luas bagi inovator digital Tanah Air.

"Kami memfasilitasi UMKM supaya naik kelas dengan mengoptimalkan pemanfaatan ekosistem digital Telkomsel. Bahkan, bisa go international. Inilah roadmap (peta jalan) kami," katanya, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 6 Oktober 2022.

Salah satu aset ekosistem digital Telkomsel untuk menyokong transformasi digital UMKM, yaitu platform 99% Usahaku. Platform tersebut hadir sebagai end-to-end solution yang berlandaskan pada lima pilar bisnis dalam mendukung UMKM untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

Kelima pilar bisnis tersebut meliputi Pemasokku sebagai pilar dalam memenuhi kebutuhan stok produk atau bahan baku dalam jumlah besar (grosir) secara lebih mudah; Pemodalku yang merupakan pilar untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses produk keuangan dan menghubungkan mereka dengan para pemodal.

KoinWorks.

Photo :
  • Dok. KoinWorks

Lalu, Solusiku sebagai pilar yang memudahkan transfomasi digital dan perkembangan bisnis UMKM; Inspirasiku yang merupakan pilar untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku usaha maupun individu yang terlibat agar dapat lebih bisa berdaya saing global.

"Terakhir, Pasarku sebagai pilar mendukung pelaku UMKM menjangkau lebih banyak lagi konsumen berdasarkan sebaran wilayah yang ditargetkan," jelas Samuel.

Bukan itu saja. Telkomsel juga kolaborasi dengan Alami Sharia, Koinworks, dan Indodana untuk akses pembiayaan UMKM.

Kemudian, untuk akses pemasok Telkomsel berkolaborasi dengan Evermos dan Ecodoe. Selanjutnya, dalam menghadirkan solusi bisnis dan enabler bagi UMKM, Telkomsel berkolaborasi dengan Artaka, Jarvis Store, dan Pawoon.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kapabilitas UMKM melalui pilar inspirasiku, Telkomsel berkolaborasi dengan Kuncie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya