Robot Bisa Goreng Kentang Lebih Cepat dari Manusia

Flippy 2, robot yang bisa menggoreng berbagai makanan
Sumber :
  • YouTube Reuters

VIVA Tekno – Penggorengan kentang dan onion ring bakal menjadi teknologi canggih berkat sebuah perusahaan di California Selatan. Miso Robotic Inc telah meluncurkan robot bernama Flippy 2 yang bisa menggoreng kentang, bawang, dan makanan lainnya secara otomatis seperti yang dilansir dari Reuters. 

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Bentuk robot ini seperti lengan yang panjang sehingga memudahkan pergerakannya menggoreng berbagai makanan. Kemampuan Flippy 2 dioperasikan dengan kamera dan Artificial Intelligent (AI) alias kecerdasan buatan. 

Tak hanya menggoreng, Flippy 2 mampu mengeluarkan kentang goreng beku dan makanan lain dari freezer, mencelupkannya ke dalam minyak panas, lalu menyiapkannya ke nampan siap saji.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Flippy 2, robot yang bisa menggoreng berbagai makanan

Photo :
  • YouTube Reuters

Robot tersebut juga  dapat memasak sejumlah makanan dengan resep berbeda secara bersamaan sehingga mengurangi kebutuhan staf katering dan mempercepat pengiriman pesan melalui layanan drive-thru.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

“Ketika pesanan masuk melalui sistem restoran, makan secara otomatis akan mengirimkan instruksi ke Flippy,” jelas Ketua Eksekutif Miso Mike Bell.

“Itu mengerjakannya lebih cepat atau lebih akurat, lebih andal dan lebih bahagia daripada manusia melakukannya,” lanjut Bell. 

Miso menyatakan butuh sampai lima tahun untuk mengembangkan Flippy dan baru-baru ini membuatnya tersedia secara komersial. 

Flippy 2, robot yang bisa menggoreng berbagai makanan

Photo :
  • YouTube Reuters

Awalnya Flippy dibuat untuk membalik burger. Namun begitu tim Miso menyelesaikan mesin itu, mereka menyadari bahwa ada kendala yang lebih sulit di area penggorengan, terutama pada larut malam. 

Insinyur Miso bisa melihat robot Flippy 2 bekerja secara real time di layar besar, memungkinkan mereka membantu memecahkan masalah yang muncul. Sejumlah restoran di AS telah mengadopsi juru masak goreng robot.

Bell membeberkan tiga restoran waralaba makanan cepat saji di AS telah membuat Flippy 2 berfungsi, tapi mereka ragu untuk beriklan karena adanya pandangan bahwa robot mengambil pekerjaan manusia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya