Whatsapp Tidak Bisa Kirim Gambar, Ini 7 Cara Menanganinya

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – WhatsApp merupakan satu di antara aplikasi chat  yang paling banyak digunakan saat ini. Fitur-fitur Whatsapp tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan bertukar pesan saja. kamu juga bisa memanfaat WhatsApp untuk berkirim multimedia seperti gambar dan video.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Namun, kamu mungkin pernah mengalami kejadian Whatsapp Tidak Bisa Kirim Gambar. Pasti mengalami masalah ini bisa memicu kejengkelan. Masalah WhatsApp tidak bisa mengirim gambar  yang sering dialami banyak orang karena beberapa sebab, seperti koneksi jaringan internet tidak stabil.

Ilustrasi Belanja di WhatsApp.

Photo :
  • Theverge.com
Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Untuk dapat mengatasi masalah WhatsApp tidak dapat mengirim gambar, kamu dapat melakukan beberapa langkah, seperti dijelaskan di bawah ini. Berikut Viva berikan ulasan mengenai cara tepat mengatasi Whatsapp yang tidak bisa mengirim gambar dan video:

1. Pastikan Koneksi Internet Menyala

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

WhatsApp x iMessage.

Photo :
  • News Text Area

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu tidak ada masalah pada koneksi internet kamu, entah itu kuota ataupun menggunakan hotspot yang ada di lokasi. Coba periksa dengan mengetik sembarang pada Google Search atau membuka suatu alamat situs web guna memastikan koneksi internet menyala atau tidak.

Jika ternyata bermasalah, periksa kuota kamu atau bagi yang menggunakan hotspot bisa mencoba me-restart router atau menelepon penyedia internet.

2. Cari Lokasi dengan Sinyal yang Kuat

Siswi SMP di Manggarai Timur NTT belajar di atas bukit demi sinyal internet

Photo :
  • Jo Kenaru/ Manggarai-NTT

Jika internet menyala, tetapi koneksi terasa lambat, ada kemungkinan sinyal yang diterima masih terlalu lemah sehingga koneksi tidak berjalan dengan lancar.

Coba dengan berpindah ke lokasi lain sembari memeriksa kekuatan sinyal pada layar status yang ada di smartphone sambil mencoba membuka sembarang alamat situs web pada browser atau melakukan pencarian pada Google Search.

3. Kosongkan Memori internal Smartphone

GB WhatsApp.

Photo :
  • telset.id

WhatsApp menggunakan memori internal smartphone untuk menyimpan file gambar dan video yang diterima atau dikirim sehingga sangat mungkin untuk memenuhi persyaratan jika kamu terlalu sering melakukan aktivitas pada aplikasi tersebut.

Itulah mengapa terkadang file video dan gambar tidak bisa terkirim memori internal smartphone karena tidak mampu menampungnya sehingga kamu perlu menghapus file-file yang tidak dibutuhkan atau memindahkannya ke kartu memori.

4. Bersihkan Cache WhatsApp dan Cache Smartphone

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

Selain menggunakan memori internal untuk menyimpan file, WhatsApp juga menggunakannya untuk menyimpan cache alias data sementara jika dibersihkan akan menumpuk seiring waktu.

Cache ini tidak hanya dihasilkan oleh aplikasi WhatsApp saja, tetapi juga oleh aplikasi lainnya sehingga dapat dipastikan memori akan cepat penuh serta kinerja smartphone akan menjadi terlalu berat.

Untuk menghapus cache WhatsApp, kamu bisa menghapus chat-chat yang tidak diperlukan, baik itu chat dengan kontak ataupun grup, terutama pada grup yang aktif.

Sementara untuk menghapus cache smartphone, kamu bisa pergi ke menu pengaturan> pemeliharaan perangkat > optimalkan sekarang atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

5. Periksa Izin Aplikasi

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

Kamu juga perlu memastikan aplikasi diizinkan untuk mengakses file gambar dan video, yang bisa kamu lakukan dengan cara pergi ke menu pengaturan> aplikasi > whatsapp > izin > aktifkan kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan, sms dan telepon.

6. Atur APN dan Zona Waktu

Cara pake VPN.

Photo :
  • pixabay

Penggunaan APN custom dan atau zona waktu yang tidak sesuai dapat memengaruhi kemampuan WhatsApp dalam mengirimkan file gambar dan video.

Untuk me-reset APN ke pengaturan bawaan, pergi ke menu pengaturan > koneksi > jaringan seluler > nama titik akses (APN) kemudian tekan menu tiga titik di kanan atas lalu pilih Reset ke default.

Sementara untuk mengubah zona waktu caranya adalah dengan pergi ke menu pengaturan > manajemen umum > tanggal dan waktu mengaktifkan tanggal dan waktu otomatis.

7. Instal Ulang

Tentara Swiss dilarang pakai WhatsApp.

Photo :
  • Vikendi

Solusi terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menginstal ulang WhatsApp terlebih dahulu kemudian unduh dan instal kembali melalui Playstore.

Rizky Nazar

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Kabar dugaan perselingkuhan Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani menghebohkan publik hingga menjadi trending topik di media sosial. Bagaimana tidak, banyak netizen geram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024