All in One, Indosat Business Hadirkan Wadah untuk UMKM Naik Kelas

Peluncuran Indosat Digital Ecosystem (IDE).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Dalam rangka memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan platform digital Indosat Digital Ecosystem (IDE) agar para pelaku bisnis #BeraniJadiBesar.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Menurut Chief Business Officer IOH, Bayu Hanantasena, UMKM adalah tulang punggung ekonomi negara. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM, lebih dari 97 persen pengusaha lokal adalah UMKM.

"Indosat Business meresmikan platform IDE untuk bantu proses digitalisasi bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia agar bisa lebih cepat kembangkan bisnis," ujarnya di Jakarta, Kamis, 13 Oktober 2022.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

IDE akan memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital. Hal ini sejalan dengan tujuan IOH yang lebih besar yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Chief Business Officer IOH Bayu Hanantasena

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Platform IDE menyediakan tiga fitur untuk mendukung pelaku UMKM, yaitu IDE Advisory, IDE Academy, serta IDE Marketspace. Lewat IDE Advisory, pengguna dapat meningkatkan insight global untuk mengembangkan bisnis mereka.

Platform juga menyediakan akses ke video dan pelatihan yang memudahkan pelaku UMKM mendapatkan kemampuan digital melalui fitur IDE Academy. 

Sementara untuk memperluas jejaring bisnis, relasi, dan kesempatan untuk cross-promotion, IDE menyediakan fitur Marketspace sebagai ruang komunitas pelaku UMKM. 

Ketiganya akan membantu UMKM lebih melibatkan pelanggan berdasarkan data, sehingga lebih sistematis dalam mengelola keuangan dan menjalin hubungan yang kuat satu sama lain.

"Semoga fitur-fitur yang dihadirkan bisa menjawab tantangan utama yang selama ini dihadapi selama berbisnis, salah satunya pengelolaan keuangan yang sistematis maupun membangun jaringan dan kolaborasi," imbuh Bayu.

Peluncuran Indosat Digital Ecosystem (IDE).

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Google Cloud berkolaborasi dengan IOH untuk mengembangkan dan meluncurkan IDE, sebuah platform lengkap yang menyediakan tools dengan didukung data dan keterampilan digital yang diperlukan untuk UMKM di area metro dan non-metro.

Dalam kesempatan yang sama, Country Director Indonesia, Google Cloud, Megawaty Khie mengatakan terdapat tiga hal penting yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan usaha mereka.

"Yaitu tools untuk memastikan kehadiran secara online, kemampuan untuk menghadirkan kerja sama yang dikustomisasi kepada pengguna digital-first saat ini dan keterampilan untuk mengkombinasikan tools serta weekend kemampuan agar lebih efektif," tuturnya. 

Pemerintah Indonesia menargetkan 30 juta UKM Indonesia menggunakan platform digital untuk bisnis mereka pada 2024. Saat ini 
negara memiliki lebih dari 65,1 juta pelaku UKM yang terus bertambah imbas dari pandemi Covid-19. Dari seluruh pelaku UKM, sebanyak 20,24 juta sudah menggunakan platform digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya