Pakar: Ada 5 Cara untuk Bahagia dan Berkembang

Ilustrasi bahagia dan menjaga kesehatan.
Sumber :
  • ist

VIVA Tekno – Film dokumenter 'How to Thrive' menyuguhkan kisah bagaimana tujuh orang belajar untuk tidak hanya bertahan hidup, tetapi juga berkembang.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

Film dokumenter ini sejalan dengan psikologi positif yang bertujuan membekali orang dengan keterampilan dan sumber daya untuk secara proaktif mendukung kesehatan dan kesejahteraan mental.

"Saya meneliti psikologi positif dan menjadi penasihat ahli untuk film dokumenter, menilai kemajuan peserta selama 18 bulan," ujar peneliti Peggy Kern.

Psikolog Bagikan Tips Jitu Merawat Kesehatan Mental Ibu saat Mengasuh Anak

Analisis menunjukkan strategi berbasis bukti dalam film dokumenter mendukung peserta untuk berkembang, membuat sebagian besar dari mereka merasa dan berfungsi dengan baik di berbagai aspek kehidupan.

Ilustrasi bahagia.

Photo :
  • U-Report
Selena Gomez Pilih Rehat dari Sosial Media, Ternyata Ini Alasannya

Menurut laman Science Alert, Jumat, 14 Oktober 2022, ada pelajaran yang bisa dipetik dalam film tersebut yang bisa diaplikasikan di kehidupan untuk membuatnya menjadi lebih baik.

Temukan komunitas

Sepanjang film dokumenter, para peserta mengembangkan sebuah komunitas. Manusia memiliki kebutuhan alami untuk rasa saling memiliki. Sebaliknya, kesepian berhubungan dengan penyakit mental dan fisik, bahkan kematian dini. Jadi temukan orang-orang yang dapat Anda miliki dan hubungkan pada tingkat yang dalam.

Terlibat dalam kegiatan yang bermakna

Studi menunjukkan keterlibatan dalam hidup adalah penanda penting penuaan yang sehat. Ini berarti tidak hanya meluncur melalui kehidupan, tetapi menyedot sumsum dari kehidupan. 

Kita harus menemukan suatu kegiatan dan berkomitmen pada aktivitas yang mengisi waktu dan memberi rasa hidup, daripada aktivitas yang menguras kehidupan.

Welas asih

Ilustrasi berbuat kebaikan

Photo :
  • U-Report

Bersikaplah welas asih terhadap diri sendiri dan orang lain. Kita sering menjadi kritikus terburuk bagi diri kita sendiri. Seharusnya kita melakukan yang terbaik semaksimal mungkin. Berbaik hatilah pada diri sendiri dan sebarkan kebaikan itu kepada orang lain.

Bersikap optimis

Tetap optimis dan berharaphmp untuk masa depan. Hal-hal yang dilakukan tidak akan selalu berhasil, tetapi jika kita bias melihat kemungkinan apa yang bisa terjadi, hasilnya mungkin bisa mengejutkan.

Memelihara diri sendiri

Jangan lupa untuk memelihara kesejahteraan fisik, mental, sosial dan spiritual. Makan dan istirahat dengan baik, lakukan aktivitas fisik sedang dan aktif melakukan aktivitas yang membuat kalian merasa dan berfungsi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya