Pembangunan 9.000 Km Jaringan Fiber Optik Selesai Tahun Ini, Demi 5G

Menara telekomunikasi Mitratel.
Sumber :
  • Dokumentasi Mitratel

VIVA Tekno – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur digital dan telekomunikasi independen, mencatatkan laba bersih Rp1,22 triliun pada kuartal III-2022 atau melesat 18,1 persen (yoy).

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Pendapatan perusahaan selama periode 9 bulan pertama 2022 ikut naik 11,5 persen secara tahunan menjadi Rp5,6 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp5,02 triliun.

"Kami memiliki track record yang baik dalam pengembangan bisnis tower (menara) telekomunikasi sejak tahun 2010, baik secara organik maupun inorganik," kata Direktur Utama Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko, Senin, 31 Oktober 2022.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Seiring positifnya kinerja pendapatan dan laba perusahaan, aset perusahaan tercatat meningkat 37 persen menjadi Rp54,9 triliun dan ekuitas juga meningkat 124 persen menjadi Rp33,2 triliun.

Adapun, pendapatan dari sewa menara di periode Januari-September 2022 melesat 12,9 persen menjadi Rp5,07 triliun. "Kami memastikan kinerja bisnis penyewaan menara kompetitif dibandingkan industri. Kami juga terus meningkatkan profitabilitas di bisnis lainnya," tutur dia.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Sebagai informasi, Mitratel mengakuisisi 6.000 menara milik Telkomsel, dan aksi korporasi tersebut telah menjadikannya sebagai perusahaan menara telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara dengan kepemilikan 35.051 tower dengan 50.390 tenant.

"Untuk bisnis jaringan fiber optik, kami menargetkan dapat menyelesaikan pembangunan jaringan sepanjang 9.000 kilometer hingga akhir tahun ini. Jaringan fiber optik merupakan solusi konektivitas berkapasitas tinggi untuk mendukung implementasi jaringan 5G," jelas Teddy, sapaan akrabnya.

Aksi korporasi Telkomsel dan Mitratel pengalihan kepemilikan 6.000 menara telko.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Bukan itu saja. Perusahaan dengan kode emiten MTEL ini menggelar turnamen futsal bertajuk Mitratel Cup 2022 sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-14 anak usaha Telkom Indonesia tersebut yang sudah dimulai sejak awal Oktober lalu.

Piala Turnamen Futsal Mitratel Cup 2022 diperebutkan oleh 4 tim yang terdiri dari para tenant dan juga media. Menurut Teddy, Mitratel bisa tumbuh dan berkembang hingga saat ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama para tenant seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), XL Axiata, dan juga Smartfren.

"Kita berkompetisi, namun silaturahmi lebih utama. Turnamen ini hanya wadah untuk saling bertemu untuk mengucapkan terima kasih kepada para tenant yang sudah mempercayai Mitratel dalam bisnis dan industri telekomunikasi," papar Teddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya