Twitter PHK Massal, Berikut Daftar Departemen yang Ditendang Elon Musk

Twitter.
Sumber :
  • Theverge.com

VIVA Tekno – Elon Musk telah mengurangi banyak tim yang melakukan pekerjaan penting di Twitter menunjukkan bahwa miliarder itu tengah melakukan perubahan besar-besaran ketika memotong para karyawan perusahaan.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Orang terkaya di dunia itu memotong beberapa departemen. Tidak mungkin PHK massal ini tidak akan menyebabkan disfungsi Twitter, dari kebijakan moderasi konten yang terbukti penting untuk pemilihan paruh waktu Amerika Serikat hingga tim produk yang menjaga platform.

Mengutip dari situs Tech Crunch, Sabtu, 5 November 2022, mantan karyawan Twitter yang terkena PHK menggambarkan situasi kacau di mana hanya ada sedikit komunikasi resmi selain menerima surat penghentian secara tiba-tiba atau melihat akses mereka ke alat internal seperti Slack atau database tiba-tiba dicabut. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Dalam kekosongan informasi yang diciptakan oleh pendekatan Musk yang tidak terorganisir dan tiba-tiba terhadap PHK, beberapa karyawan tidak yakin apakah kolega mereka masih bekerja atau apakah tim mereka terus ada.

Pemotongan itu tampaknya meluas dan mendalam, memengaruhi segalanya, mulai dari kepercayaan dan tim keamanan Twitter yang menangani moderasi konten hingga departemen pemasaran. Berikut adalah beberapa tim yang tersingkir langsung atau terpukul keras oleh PHK.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Elon Musk dan Twitter.

Photo :
  • Getty Images

Hak asasi Manusia

Mantan Penasihat Hak Asasi Manusia Twitter Shannon Raj Singh berbagi berita bahwa tim hak asasi manusia perusahaan, dieliminasi pada hari Jumat. Tim bekerja untuk melindungi pengguna yang menghadapi pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia, termasuk aktivis, jurnalis, dan orang-orang yang terkena dampak konflik seperti perang di Ukraina.

Pengalaman Aksesibilitas

Mantan kepala aksesibilitas Twitter mengkonfirmasi bahwa perusahaan memotong tim pengalaman aksesibilitas, yang sebelumnya berfungsi meningkatkan produk untuk penyandang cacat. Tim tampaknya masih memiliki banyak pekerjaan sebelum dibubarkan.

Komunikasi

Belum jelas bagian mana dari tim komunikasi Twitter yang telah dipotong secara langsung. Tetapi pemotongan tersebut cukup dalam sehingga banyak karyawan komunikasi terkemuka di perusahaan terpengaruh. 

Musk mengisyaratkan ketidaksukaannya terhadap komunikasi internal segera setelah mengambil alih perusahaan, menyampaikan sedikit informasi kepada karyawan Twitter tentang perubahan tersebut. Jadi tidak mengherankan jika tim komunikasi internal juga terpengaruh, termasuk Kepala Komunikasi Internal.

Etika pembelajaran mesin, transparansi, dan akuntabilitas

Musk membubarkan tim yang dikenal secara internal sebagai META, yang sangat dihormati karena pekerjaan eksplorasinya dalam etika AI dan transparansi algoritmik. Rumman Chowdhury yang merupakan Direktur Tim ikut tersingkir bersama dengan insinyur tim dan anggota lainnya.

Kurasi

PHK juga berdampak untuk tim yang membantu mengekstraksi lebih banyak nilai dari perusahaan. Tim kurasi mengkurasi tab momen, memprogram bagian topik yang sedang tren, memberikan konteks pada topik tersebut dan juga menangani acara langsung. Tim juga bekerja untuk memerangi informasi yang salah di platform.

Kebijakan publik

Politico melaporkan bahwa setengah dari tim kebijakan publik perusahaan telah dipecat, termasuk Michele Austin, mantan Direktur Kebijakan Publik dan Pemilihan Umum di Kanada dan AS. Pemotongan itu dilaporkan juga termasuk untuk anggota tim Twitter yang bekerja untuk memverifikasi akun tokoh politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya