Pandemi Covid-19 Bikin SEO Semakin Digandrungi

Search Engine Optimization (SEO).
Sumber :
  • Freepik

VIVA Digital – Istilah SEO atau search engine optimization semakin dikenal saat ini. Memahami SEO seakan sudah menjadi kebutuhan zaman pemasaran digital.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Selain itu, personalisasi serta data-driven marketing juga diramal akan menjadi kunci utama untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Search Agency Ridho Putradi S'gara mengatakan kepedulian terhadap pemanfaatan SEO semakin tinggi selama pandemi Covid-19.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Hal ini didorong oleh kebijakan perjalanan ketat untuk meminimalisir penularan Virus Corona jenis baru tersebut.

"SEO adalah bagian dari investasi yang punya return positif jangka panjang bagi pelaku usaha. Terlebih kecenderungan konsumen untuk memutuskan menggunakan barang atau jasa selalu melibatkan proses pencarian (search engine)," katanya di Jakarta, Jumat, 4 November 2022.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Sementara itu, Pendiri dan Kepala Eksekutif Toffedev dan Toffee Event Ryan Krsto Muljono mengatakan, SEO merupakan kanal pemasaran yang akan terus berkelanjutan karena menggunakan data sehingga bisa terus terekspos di ranah digital.

Ia juga memprediksi personalisasi dan data-driven marketing akan menjadi kunci utama untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Apalagi dengan adanya ancaman resesi ekonomi pada 2023, maka para pelaku usaha perlu untuk melakukan penyesuaian terhadap anggaran pemasaran, namun bukan mengurangi.

"Hybrid marketing ramai dibicarakan memasuki era endemi global. Oleh karena itu, sudah saatnya setiap usaha menerapkan strategi omnichannel untuk terus berada di hadapan dari para pengguna secara onsite dan online," ungkap Ryan.

Untuk itulah digelar SEOCon Forum 2022 pada 1-3 Desember mendatang di Bali.

Konferensi ini akan menggali strategi serta praktik terbaik untuk manajemen SEO dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang merupakan praktisi di bidang SEO. di antaranya Lukasz Zelezny (Director, Co-Owner SEO Expert and Consultant), Jon Earnshaw (Chief Product Evangelist and Co-founder of Pi datametrics), Ryan Kristo Muljono (CEO and Founder ToffeeDev & Toffee Events), Ridho Putradi S'gara (Founder and CEO at Search Agency), serta Ilman Akbar (Digital Marketing Lead Pashouses).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya