Ngerinya Tim Siluman Elon Musk di Twitter, Enggak Terkenal tapi Berpengaruh di Dunia Teknologi

Elon Musk.
Sumber :
  • Expat Guide Turkey

VIVA Tekno – Twitter kini resmi masuk ke dalam portofolio kerajaan bisnis Elon Musk. Sebelumnya, sudah ada SpaceX, Tesla, Neuralink, dan The Boring Company.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Usai melakukan aksi korporasinya, Elon Musk bertekad untuk membuat ulang Twitter dengan citranya sendiri melalui tangan-tangan kepercayaannya.

Seperti dilansir dari situs NBC, Senin, 7 November 2022, pada hari pertamanya memimpin Twitter, ia langsung menempatkan sekelompok loyalis, yang mencakup pengacara pribadi, teman, serta investor teknologinya, yaitu David Sacks dan Jason Calacanis.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Keduanya adalah veteran Silicon Valley yang secara teratur mencampuradukkannya dengan pendukung dan kritikus. Meski begitu, mereka bukanlah sosok yang terkenal, tetapi mereka telah muncul sebagai dua suara yang memiliki pengaruh di dunia teknologi.

David Sacks dan Jason Calacanis sering terjun ke medan sosial politik dengan podcast populer mereka. Sering menyuarakan skeptisisme tentang pendirian politik, praktik media arus utama, dan bahkan, arahan beberapa perusahaan teknologi besar.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Keduanya pun menjadi kaya selama ledakan teknologi yang panjang dalam dua dekade terakhir dan baru-baru ini mereka telah memanfaatkan kekayaan mereka untuk menumbuhkan jejak media melalui podcast, wawancara, sumbangan politik dan Twitter itu sendiri.

David Sacks, loyalis Elon Musk.

Photo :
  • Los Angeles Time

David Sacks adalah karyawan PayPal awal bersama dengan Elon Musk bagian dari kelompok yang kemudian dikenal sebagai Mafia PayPal karena berapa banyak perusahaan yang dimulai oleh grup tersebut.

Ia telah berinvestasi dalam serangkaian perusahaan rintisan atau startup sukses yang telah menambah kekayaannya, termasuk Airbnb, Slack, dan Uber. Sacks pernah menjadi 10 besar pengguna aplikasi berbagi perjalanan sepanjang masa.

Sementara Jason Calacanis memulai kariernya sebagai penulis teknologi, blogger dan pendiri berbagai startup media termasuk Inside.com, yang meliput industri media.

Ia menemukan jalannya untuk berinvestasi sebagai pengintai untuk Sequoia Capital, sebuah perusahaan modal ventura besar, ketika dia menginvestasikan US$25 ribu di Uber di hari-hari awal. Investasi lainnya termasuk aplikasi keuangan Robinhood dan Thumbtack startup gig-work.

Selain itu, Alex Spiro, seorang pengacara persidangan dengan daftar klien selebritas yang dilaporkan memimpin putaran pertama PHK Twitter, juga bergabung ke dalam lingkaran Elon Musk.

Jason Calacanis, loyalis Elon Musk.

Photo :
  • Medium

Pasukan perang sang taipan juga mencakup investor dan podcaster Sriram Krishnan, mantan pemimpin produk Twitter dan mitra di perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dan Jared Birchall, manajer kekayaan yang mengepalai kantor keluarga Elon Musk.

Tim siluman Elon Musk pun sudah mulai memberhentikan sebagian besar tenaga kerja perusahaan. Dalam pertukaran di konferensi investor, ia muncul untuk mengkonfirmasi bahwa timnya telah memberhentikan setengah dari tenaga kerja di Twitter.

Sementara itu, Penulis Dua Buku tentang Industri Teknologi dan Ketua Sejarah Amerika Serikat (AS) dari Universitas Washington, Margaret O'Mara, mengatakan tim siluman Elon Musk adalah lingkaran kecil orang-orang dengan latar belakang dan pandangan yang sama.

Ia menjelaskan kelompok kecil seperti itu bahaya dan terlalu picik. Menjadi semakin sulit untuk tetap berhubungan dengan apa yang dipikirkan seluruh dunia dan bagaimana tanggapannya.

“Hal yang membuat Silicon Valley berkembang sejak awal adalah jaringannya dan jaringan ini sangat kecil dan ketat, dengan beberapa orang di puncak dan mereka juga cukup homogen,” kata O'Mara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya