Inovasi Jadi Kunci Lepas dari Ketergantungan Impor

Inovasi.
Sumber :
  • SmallBusiness.co.uk

VIVA Digital – Wax adalah sebuah produk yang digunakan di banyak industri. Pengembangan wax alami atau natural wax akan membantu aplikasi di banyak industri antara lain makanan, farmasi, dan kosmetika.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Direktur Kirana Mitraabadi Edo Lesmana mengaku lebih dari 12 tahun memproduksi petro-based wax hingga petrolatum dan cocolatum.

Sebab, perusahaan ini merupakan supplier terbesar wax di Indonesia yang diklaim mampu memenuhi kebutuhan customized banyak industri lewat proses yang terkelola baik dan riset produk yang berkelanjutan.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Kini, Kirana Mitraabadi berusaha fokus melakukan pengembangan wax alami untuk meningkatkan kapasitas agar memenuhi permintaan domestik.

"Wax adalah produk yang diserap oleh begitu banyak industri di Indonesia. Selama ini sebagian besar industri melakukan impor. Nah, kehadiran kami bisa mengurangi (ketergantungan) impor tersebut," kata dia, melalui keterangan resminya, Jumat, 18 November 2022.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Untuk itu, Kirana Mitraabadi menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Tanjungpura dan PT Tanjung Raya Energi yang diharapkan menjadi titik awal melakukan inovasi dan memasifkan produksi wax alami berkelanjutan.

"Kerja sama dengan kami yang memiliki banyak ahli, akan sangat strategis sebagai upaya Kirana untuk mengalihkan penyerapan impor dari luar negeri ke pemenuhan di negeri sendiri," jelas Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Farah Diba, dalam kesempatan yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya