5 Besar Skema Serangan Siber Selama Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Serangan siber mengancam Piala Dunia FIFA Qatar 2022.
Serangan siber mengancam Piala Dunia FIFA Qatar 2022.
Sumber :
  • Kaspersky

VIVA Tekno – Piala Dunia FIFA Qatar 2022 resmi dimulai pada Minggu hari ini, 20 November. Untuk mendapat gambaran lebih baik soal bagaimana scammer mencoba memonetisasi minat penggemar sepak bola, pakar Kaspersky telah menganalisis situs web phishing terkait Piala Dunia yang dirancang untuk mencuri data identitas dan perbankan pengguna.

Peneliti Kaspersky telah menemukan halaman palsu yang menawarkan segalanya mulai dari tiket atau merchandise acara, hingga layanan streaming video pertandingan, ditambah banyaknya hadiah dan penipuan non-fungible token atau NFT yang mengeksploitasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022, seperti dilansir dari keterangan resmi Kaspersky:

Penipuan tiket

Seperti halnya semua acara olahraga global besar, tiket palsu adalah umpan yang paling banyak digunakan untuk memikat para korban dan Piala Dunia tidak terkecuali.

Selain itu, Piala Dunia FIFA Qatar 2022 hanya menawarkan tiket digital, yang semakin meningkatkan risiko untuk berhadapan dengan bahaya online. Pakar Kaspersky menemukan banyak halaman phishing yang menawarkan untuk pembelian tiket pertandingan FIFA.

Tanpa perlu dikatakan, pengguna akan kehilangan data pribadi, detail perbankan, dan uang. Selain itu, penipu online juga dapat menggunakan data yang dicuri untuk tujuan lain atau menjualnya di situs dark web.

Hadiah

Halaman Selanjutnya
img_title