Agar Libur Lebaran Tidak Tekor

Antrian Panjang di Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Balik Lebaran 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Tekno – Musim libur Lebaran telah tiba. Meski begitu, para penipu online juga semakin aktif. Salah satu penipuan yang kerap terjadi adalah saat pembelian tiket perjalanan maupun reservasi hotel.

Slogan All Eyes On Rafah Tersebar di Media Sosial, Begini Asal Usulnya

Kaspersky membagikan sejumlah tips terhindar dari penipu online agar libur Lebaran menjadi semakin aman dan nyaman.

Pertama, saat membeli tiket perjalanan serta memesan hotel dan apartemen, gunakan hanya situs web yang mempunyai reputasi baik.

Video Remaja Main Skateboard Bikin Celaka Pengendara Motor

Jika memungkinkan, belilah tiket langsung di situs maskapai perjalanan terkait. Mungkin sedikit lebih mahal, tapi selalu lebih aman.

Lalu, jangan terkecoh dengan janji hadiah atau harga murah yang tidak masuk akal. Selalu menaruh curiga agar Anda tidak terjerumus dalam perangkap penipu online.

Ojol Diserempet Pikap Usai Maling Helm, Warganet: Instan Karma

Selain itu, periksa dengan cermat alamat situs yang dibuka. Cek berulang kali URL halaman sebelum memasukkan informasi penting apapun di sana, seperti nama pengguna dan kata sandi, nomor kartu pembayaran, dan lainnya.

Jangan pernah membagikan nomor reservasi kepada siapa pun, atau mengunggah foto tiket dengan kode tertentu di media sosial.

Beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan, periksa semua pemesanan yang dibuat untuk perjalanan tersebut.

Jika ada masalah dengan reservasi, lebih baik diselesaikan terlebih dahulu, bukan di meja check-in bandara, resepsionis hotel atau lainnya.

Terakhir, gunakan antivirus yang andal dengan perlindungan bawaan terhadap penipu online dan phishing di semua perangkat. Hal ini akan memberi Anda peringatan dini tentang situs yang harus dihindari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya