Daftar Hujan Meteor Sepanjang Desember 2022

Pengamatan hujan meteor Perseid di Klabat, Sulawesi Utara.
Sumber :
  • Twitter/@photolucu

VIVA Tekno – Sekitar 8 dari fenomena hujan meteor akan terjadi pada Desember 2022. Hujan meteor merupakan sejumlah meteor yang jatuh dan melewati permukaan Bumi dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti hujan yang turun.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

"Dari 8 hujan meteor, hanya Ursid yang tidak terganggu oleh interferensi cahaya alami dari Bulan. Sedangkan lainnya terganggu oleh interferensi cahaya alami dari Bulan sehingga intensitas hujan meteor menjadi lebih kecil," tulis akun Instagram @lapan_ri, dikutip pada Selasa, 29 November 2022.

Phoenicid

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Jenis ini akan terjadi pada 2 Desember di mana titik kemunculannya berasal dari konstelasi Phoenix dekat bintang Archenar. Ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia dari arah Tenggara setelah Matahari terbenam hingga 3 Desember pukul 03:00 waktu setempat.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Puppid-Velid

Hujan meteor tersebut akan terjadi pada 6 Desember yang bisa disaksikan dari arah Tenggara mulai pukul 21:00 hingga menjelang Matahari terbit. Intensitasnya hanya enam hingga delapan meteor per jam untuk Indonesia.

Monoceratid Desember

Peristiwa akan terjadi pada 8 Desember yang berasal dari konstelasi Orion dan Gemini. Ini dapat disaksikan dari arah timur selepas isya hingga sebelum Matahari terbit di arah barat.

Sigma Hydrid

Ini juga akan jatuh pada 8 Desember yang bisa disaksikan dari arah timur pukul 21:15 waktu setempat hingga meredup di arah barat sebelum Matahari terbenam. Titik radiannya dari bintang Sigma Hydrae konstelasi Monoceros.

Geminid

Hujan meteor Geminid yang terjadwal pada 14 Desember bisa disaksikan dari arah timur laut pukul 20:15 waktu setempat. Intensitasnya 86-107 meteor per jam.

Hujan meteor Orionid.

Photo :
  • Stellarium

Coma Berenicid

Ini berasal dari bintang Denebola konstelasi Leo yang berbatasan dengan Come Berenicis. Peristiwa bisa disaksikan setelah tengah malam yang berintensitas maksimum 3 meteor per jam saat di zenit.

Leonis Minorid Desember

Peristiwa astronomi yang satu ini akan terjadi pada 19 Desember yang berintensitas maksimum lima meteor per jam. Bisa disaksikan dari arah timur laut menjelang tengah malam hingga meredup di arah utara sebelum Matahari terbit.

Ursid

Ursid jadi penutup hujan meteor di bulan Desember dan terakhir di tahun 2022 yang akan terjadi pada 23 Desember 2022. Ini akan mempunyai penampakan terbaik di belahan Bumi utara. Ursid dapat diamati dari arah utara pukul 01:00 waktu setempat hingga menjelang Matahari terbit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya