Mantan Bos Twitter Jack Dorsey Buat Pengakuan Dosa

Mantan CEO Twitter Jack Dorsey.
Sumber :
  • Washington Post

VIVA Tekno – Mantan CEO Twitter Jack Dorsey telah mengeluarkan tanggapan terhadap 'File Twitter' yang baru-baru ini bocor, mengakui sejumlah kesalahan besar selama mengemban amanah sebagai kepala eksekutif.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Dia mengakui bahwa Twitter gagal menegakkan prinsip panduannya menjelang akhir masa jabatannya dan "sepenuhnya menyerah" pada visinya sendiri untuk situs tersebut setelah "investor aktivis" membeli ke perusahaan sekitar tahun 2020.

Meskipun dia tidak merinci investor baru atau bagaimana subjek yang dibicarakan mempengaruhi platform, Dorsey mengatakan fokus Twitter pada pengendalian dialog publik pada akhirnya merupakan salah satu kesalahan terbesarnya. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Dia mengutip keputusan untuk menangguhkan secara permanen Presiden Donald Trump setelah kerusuhan di Capitol AS pada Januari 2021, mengatakan itu adalah hal yang benar untuk bisnis perusahaan publik pada saat itu, tetapi hal yang salah untuk internet dan masyarakat.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Photo :
  • Google net
Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

"Kesalahan terbesar yang saya buat adalah terus berinvestasi dalam membuat alat bagi kami untuk mengelola percakapan publik, dibandingkan membuat alat bagi orang yang menggunakan Twitter untuk mengelolanya sendiri dengan mudah,” katanya. 

“Ini membebani perusahaan dengan terlalu banyak kekuatan dan membuka kami terhadap tekanan luar yang signifikan (seperti anggaran iklan). Saya biasanya berpikir perusahaan telah menjadi terlalu kuat dan itu menjadi sangat jelas bagi saya dengan penangguhan akun Trump," jelasnya.

Dorsey dilaporkan sedang berlibur pada saat larangan Trump dan telah mendelegasikan pengambilan keputusan kepada eksekutif Yoel Roth dan Vijaya Gadde tetapi tetap mengatakan bahwa dialah yang harus disalahkan atas kesalahan dalam penilaian.

“Serangan terhadap mantan kolega saya saat ini bisa berbahaya dan (tidak) menyelesaikan apa pun. Jika Anda ingin menyalahkan, arahkan ke saya dan tindakan saya, atau kekurangannya,” lanjutnya.

Ilustrasi Twitter.

Photo :
  • Alex Castro

Dia juga menegaskan “tidak ada niat buruk atau agenda tersembunyi” di balik keputusan Twitter yang lebih kontroversial dan bahwa perusahaan bertindak sesuai dengan informasi terbaik yang mereka miliki saat itu.

Posting blog hari Selasa juga menyertakan peringatan panjang tentang kekuatan 'terpusat' di internet, yang menyatakan bahwa platform media sosial harus tetap tahan terhadap kontrol perusahaan dan pemerintah.

Mantan CEO Twitter yang mengundurkan diri dari peran tersebut pada November 2021 melanjutkan bahwa dia menyambut baik 'reset baru' yang dibawa oleh Elon Musk.

CEO Twitter Elon Musk.

Photo :
  • The Economic Times

Dipelopori oleh reporter Matt Taibbi dan Bari Weiss, dokumen tersebut telah diterbitkan secara bergulir dengan restu dari Musk, menyoroti sejumlah keputusan kontroversial yang dibuat oleh perusahaan. 

Lima dokumen telah dipublikasikan, termasuk materi seputar penangguhan Trump, kerja sama erat Twitter dengan badan intelijen AS hingga larangan di seluruh situs atas laporan New York Post tentang urusan bisnis asing Hunter Biden, putra Presiden Joe Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya