5 Tempat Paling Kering di Bumi, Curah Hujan Sedikit dan Suhunya Panas

Ilustrasi gurun pasir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno  – Sekitar 71 persen bumi terdiri dari air yang sangat bagus karena kita semua membutuhkan air untuk bertahan hidup. Namun, beberapa tempat menerima curah hujan rata-rata kurang dari 0,09 inci atau 2 milimeter per tahun, sehingga memenuhi syarat untuk disebut sebagai tempat paling kering di bumi.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Lebih buruk lagi, beberapa daerah tanpa hujan selama bertahun-tahun, membuatnya relatif tidak dapat dihuni. Hebatnya, 35% daratan bumi terdiri dari daerah gurun yang berarti lebih banyak milimeter daripada yang kamu kira. Berikut ulasan lengkap tempat paling kering di bumi yang dirangkum dari Listverse.

1. Pelican Point, Namibia

Hujan Lebat Mengguyur Arab Saudi, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Jika kamu menyukai selancar pasir, kemungkinan kamu pernah mendengar tentang Pelican Point yang indah, Namibia. Meski menjadi salah satu tempat paling kering di bumi, titik Pelican terus dibanjiri wisatawan yang berkunjung dan ingin berselancar di bukit pasirnya yang membentang hingga Samudra Atlantik.

Awal Mei, 26 Provinsi Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

Alasan lain mengapa wisatawan menyukai tempat ini adalah karena iklimnya yang mudah beradaptasi. Selain itu, tidak seperti beberapa tempat di daftar ini, suhu di Pelican point tidak terlalu panas atau dingin. Rata-rata, tempat ini menerima curah hujan sekitar 23 milimeter, yang berarti penduduk setempat menikmati langit cerah hampir sepanjang tahun.

2. Aoulef, Aljazair

Jika kamu tidak suka suhu panas, maka Aoulef bukanlah kota untukmu. Iklim tahunannya terdiri dari musim panas yang panjang dengan suhu yang sangat tinggi dan musim dingin yang singkat dengan suhu yang relatif tinggi dibandingkan dengan tempat lain. Menurut klasifikasi iklim Koppen, Aoulef adalah BWh (iklim gurun yang panas).

Selama bulan terpanas di kota ini, yaitu bulan Juli, suhunya sangat tinggi sehingga dapat mencapai maksimum 111,4°F (44,1°C) dan minimum 90,7°F (32,6°C). Sebagian alasannya adalah ini kota menghiasi daftar ini adalah bahwa ia hanya menerima rata-rata 0,05 inci (12,9 milimeter) hujan setiap tahunnya.

3. Dry Valleys, Antartika

Berlawanan dengan kepercayaan populer, salah satu tempat paling kering di bumi adalah di Kutub Selatan. Dry Valleys terkenal karena merupakan kumpulan lembah dengan kelembapan sangat rendah dan sedikit atau tanpa lapisan es. Dry Valleys adalah hasil dari angin katabatik.

Dalam istilah awam, angin katabatik menghasilkan udara lembab yang padat turun ke bawah dengan kecepatan setinggi 199 mph (320 km/jam), berkat gravitasi. Angin lebih panas saat mereka turun. Jadi, pada saat mencapai dasar, mereka cukup panas untuk menyebabkan penguapan air atau es.

4. Aswan, Mesir

Dengan curah hujan rata-rata tahunan 0,033 inci (0,861 milimeter), Aswan di Mesir Selatan jelas merupakan salah satu tempat terkering di bumi. Selaras dengan bagian Mesir lainnya, suhu umum diklasifikasikan sebagai iklim gurun yang panas, dengan Aswan mengalami hari-hari musim panas yang terpanas.

Terlepas dari iklimnya, Aswan adalah rumah bagi salah satu pasar tersibuk di Mesir dan juga tempat wisata populer. Suhu tinggi sebagian karena kedekatan kota dengan Tropic of Cancer. Rata-rata, suhu tertinggi selama musim panas mencapai 107,0°F (41,9°C), sedangkan suhu terendah tidak berada di bawah 77,0°F (25°C). Namun, suhu turun serendah 46,4°F (8°C) selama musim dingin.

5. Gurun Atacama, Chili

Gurun Atacama di Chili adalah salah satu tempat paling indah di dunia, dengan pasir yang berkilauan dan pantai yang menakjubkan. Namun, sebagian besar turis tidak akan memberitahu kamu bahwa Gurun Atacama salah satu tempat paling kering di bumi. Namun, kota-kota yang menerima curah hujan hanya rata-rata sekitar 0,04 inci (10 milimeter) per tahun.

Atacama terletak di Amerika Selatan dan dapat digambarkan sebagai gurun pesisir yang membentang lebih dari 600 mil (965 kilometer). Beberapa kota mengalami kabut tebal yang membantu menjaga suhu pada tingkat yang dapat diterima. Namun, kelembaban rata-rata tahunan adalah 75%, salah satu yang tertinggi dalam daftar ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya