7 Planet Alien yang Ditemukan Sepanjang 2022, Ada Hulk dan Kiamat

Exoplanet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Ketika para ilmuwan memasuki dekade ketiga penemuan planet ekstrasurya, mereka terus mengungkap temuan aneh dan menarik, yang terkadang menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

Kapan Bumi Kiamat?

Dari super-Bumi yang menghanguskan hingga dunia berbentuk sepak bola, berikut adalah kisah planet asing terbesar di tahun 2022, seperti dikutip dari situs Space, Rabu, 28 Desember 2022.

Planet ekstrasurya ke-5000

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

NASA konfirmasi 5.000 planet di luar tata surya.

Photo :
  • NASA

Setelah 30 tahun penemuan planet ekstrasurya, penghitungan dunia alien yang dikonfirmasi mencapai 5.000 di tahun ini. Para ilmuwan menambahkan entri tonggak sejarah baru ke NASA Exoplanet Archive pada Maret.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

"Dari 5.000 eksoplanet yang diketahui, 4.900 berada dalam jarak beberapa ribu tahun cahaya dari kita. Dan pikirkan tentang fakta bahwa kita berada 30.000 tahun cahaya dari pusat galaksi," kata Jessie Christiansen, pemimpin sains dari NASA Exoplanet Archive.

Kelas baru planet asing

Eksoplanet yang terdiri dari susunan batu dan air.

Photo :
  • Pilar Montanes

Pada September, para astronom mengumumkan bahwa jenis planet ekstrasurya baru telah ditemukan. Terbuat dari sekitar setengah batu dan setengah air, baik dalam bentuk cair atau es, planet ekstrasurya ditemukan mengorbit bintang paling umum di alam semesta.

Temuan ini mungkin memiliki konsekuensi besar dalam pencarian kehidupan di kosmos, kata para peneliti. Ahli astrofisika memeriksa dunia kecil yang ditemukan di sekitar katai merah yang diamati oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA.

Planet-planet ini kemungkinan besar muncul dari bahan es dan lahir jauh dari bintangnya, melewati garis es di mana suhu permukaan membeku. Itu kemudian bermigrasi lebih dekat, ke tempat para astronom mendeteksinya.

Dunia seukuran Jupiter

Penampakan badai di Planet Jupiter.

Photo :
  • NASA, ESA, CSA, JUPITER ERS TEAM

Para astronom dan ilmuwan warga menemukan planet misterius seukuran Jupiter di sekitar bintang alien. Planet yang diberi nama TOI-2180 b itu terletak relatif dekat Bumi, berjarak 379 tahun cahaya.

Planet ekstrasurya memiliki diameter yang hampir sama dengan Jupiter, tetapi hampir tiga kali lebih masif. Perbedaan kepadatan ini menunjukkan bahwa planet ini terbentuk secara berbeda dari Jupiter.

Planet Hulk

Eksoplanet Hulk

Photo :
  • NASA

Bumi super yang baru ditemukan adalah salah satu yang paling masif yang pernah ditemukan, sebuah planet ekstrasurya yang tertutup magma di mana satu tahun di sana hanya berlangsung setengah hari.

Dunia yang disebut TOI-1075 b ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA. Itu memiliki permukaan super panas dengan suhu sekitar 1.922 derajat Fahrenheit (1.050 Celcius) karena kedekatannya dengan bintang induknya, sebuah bintang kecil berwarna jingga merah yang berjarak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi.

Planet kiamat

Planet kiamat

Photo :
  • Institut Astronomi Universitas Hawaii

Tahun ini, para astronom juga mendeteksi tiga exoplanet yang baru ditemukan sedang berputar-putar secara berbahaya di dekat bintang mereka yang sekarat.

"Planet-planet ini berada di tempat-tempat ekstrem yang sebenarnya kurang dari 10 tahun yang lalu, tidak ada yang berpikir bahwa mereka benar-benar ada," kata penulis utama studi, Samuel Grunblatt.

Tiga dunia yang dijuluki TOI-2337b, TOI-4329b dan TOI-2669b adalah raksasa gas yang memiliki massa antara 0,5 hingga 1,7 kali massa Jupiter. Mereka memiliki beberapa orbit terpendek yang pernah ditemukan di sekitar bintang subgiant atau raksasa yang sekarat.

Saat sebuah bintang memasuki sepersepuluh terakhir hidupnya, itu mungkin menarik planet-planet terdekat. Memodifikasi orbit planet-planet ini pada gilirannya dapat mengacaukan seluruh sistem planet mereka atau menyebabkan dunia bertabrakan saat mereka semakin dekat satu sama lain.

Planet sepak bola

Planet sepak bola

Photo :
  • ESA

Eksoplanet aneh yang baru ditemukan  menyerupai bola. Bentuk aneh WASP-103b ultrahot, yang berjarak lebih dari 1.000 tahun cahaya dari Bumi, berasal dari peregangannya oleh gaya gravitasi bintang induknya.

WASP-103b ditemukan pada tahun 2014, raksasa gas yang mengorbit bintang induknya hanya dalam satu hari Bumi, membuatnya sangat dekat dengan radiasi bintang dan gravitasi yang kuat.

Planet dengan cahaya hantu

Planet Kepler-1229 b

Photo :
  • SHAO

Cahaya hantu mungkin telah terlihat di tiga exoplanet yang berpotensi layak huni oleh tim astronom dan siswa sekolah menengah yang berbasis di China. Cahaya yang baru ditemukan mungkin menjelaskan seperti apa dunia eksotis itu.

Jika melihat Matahari terbenam dari tempat yang sangat gelap di Bumi, Anda mungkin melihat segitiga yang oleh para ilmuwan disebut cahaya hantu memanjang dari tempat Matahari melintas di bawah cakrawala.

Cahaya zodiak atau hantu di langit Bumi merupakan hasil pantulan sinar Matahari dari debu yang memenuhi tata surya, sisa-sisa asteroid yang hancur, dan puing-puing komet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya