Pria Jarang Berhubungan Seksual Dekat dengan Kematian

Ilustrasi alat kelamin pria.
Sumber :
  • The Sun

VIVA Tekno – Kurangnya minat melakukan hubungan seksual dapat mengindikasikan peningkatan risiko kematian dini di antara pria yang tinggal di Jepang, menurut sebuah penelitian yang baru diterbitkan.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Hubungan yang tepat antara kematian dan libido adalah sesuatu yang perlu dicermati oleh para peneliti, para peneliti berspekulasi bahwa dorongan seks yang berkurang bisa menjadi tanda yang lebih terlihat dari masalah kesehatan mendasar yang tidak kentara.

Data tersebut berasal dari 20.969 orang (8.558 pria dan 12.411 wanita) berusia 40 tahun atau lebih yang melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan selama rentang waktu enam tahun di Prefektur Yamagata, wilayah pegunungan di Jepang yang terkenal dengan pemandian air panas, kuil, dan keindahan alamnya.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Sebuah tim peneliti dari Universitas Yamagata melihat tingkat minat seksual subjek, seperti yang dilaporkan dalam kuesioner awal dan dalam survei lanjutan yang dilakukan bertahun-tahun kemudian. Dari 20.969 subjek asli, 503 telah meninggal dunia pada waktu itu.

Para peneliti menemukan kematian akibat kanker dan semua penyebab kematian secara signifikan lebih tinggi pada pria yang melaporkan kurangnya minat seksual.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Asosiasi itu tetap bertahan, bahkan ketika mereka mengontrol faktor-faktor termasuk usia, hipertensi, diabetes, merokok, konsumsi alkohol, BMI, pendidikan, status perkawinan, frekuensi tertawa dan tekanan psikologis.

"Meskipun aktivitas seksual dan kepuasan seksual dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan psikologis pada kelompok yang lebih tua, hubungan antara minat seksual dan umur panjang belum diselidiki,” tulis para peneliti.

Ilustrasi kelamin pria

Photo :
  • pixabay

Menurutnya, studi ini menjadi yang pertama secara prospektif memeriksa hubungan antara minat seksual dan semua penyebab kematian serta kematian kardiovaskular dan kanker pada populasi berbasis komunitas.

Studi ini menemukan wanita lebih cenderung melaporkan kurangnya minat seksual daripada pria tetapi tidak menemukan hubungan yang signifikan antara libido rendah dan kematian pada wanita seperti yang terjadi pada pria.

Mungkin kurangnya minat seksual di kalangan pria dapat dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat, dikutip dari situs Science Alert, Rabu, 11 Januari 2023.

"Selain itu, jika kita berasumsi bahwa minat seksual terkait dengan faktor psikologis positif, ketiadaan minat dapat mempengaruhi serangkaian respons peradangan, neuroendokrin, dan kekebalan," lanjutnya.

Penelitian lebih dalam akan diperlukan untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi. Mengungkap hubungan potensial seperti ini merupakan langkah penting.

Ada juga beberapa peringatan untuk dicatat dalam penelitian ini. Kurangnya minat seksual seseorang ditentukan dari satu pertanyaan pada kuesioner awal, "Saat ini, apakah Anda memiliki minat pada lawan jenis?" Bahkan, jika semua orang mengerti apa yang ditanyakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya