Berat Bintang Mati Dihitung Pakai Teori Albert Einstein

Ilustrasi bintang katai putih sebelum mati.
Sumber :
  • www.livescience.com/University of Warwick/Mark Garlick

VIVA Tekno – Para astronom akan melakukan pengukuran terhadap katai putih yang terisolasi atau sekam keriput dari bintang mati, menggunakan teori relativitas Albert Einstein beberapa dekade lalu.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Temuan ini mengkonfirmasi prediksi para astronom tentang seberapa masif katai putih dan dapat membantu menjelaskan materi aneh dan sangat padat yang membentuk sisa-sisa bintang.

Dalam studi baru, para astronom menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble yang legendaris untuk mengukur massa katai putih mandiri yang disebut LAWD 37, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Maret jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Meskipun para astronom telah menimbang katai putih dalam sistem bintang biner —sistem di mana dua bintang mengorbit pusat massa yang sama— LAWD 37 adalah katai putih pertama yang diukur secara terpisah, menurut situs Live Science, Kamis, 9 Februari 2023.

Tim peneliti yang dipimpin oleh astronom University of California Santa Cruz, Peter McGill menggunakan sifat unik alam semesta untuk membuat pengukuran perintis ini, fakta bahwa gravitasi melengkungkan ruang-waktu. 

Kapan Bumi Kiamat?

Saat LAWD 37 lewat di depan bintang terang yang jauh, cahaya dari bintang latar membelok di sekitar katai putih di dekatnya dalam proses yang dikenal sebagai pelensaan mikro gravitasi, yang awalnya diprediksi oleh Einstein. Ketika LAWD 37 membengkokkan cahaya bintang, itu tampak sedikit bergeser di langit —sebuah efek yang dapat dideteksi Hubble dengan presisi luar biasa.

Matahari.

Photo :
  • YouTube

"Peristiwa ini jarang terjadi, dan efeknya kecil. Misalnya, ukuran offset terukur kami seperti mengukur panjang mobil di Bulan yang terlihat dari Bumi," ujar McGill dalam pernyataan NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa). Pengukuran yang sangat tepat ini membutuhkan pengamatan bertahun-tahun dengan Hubble untuk mendapatkannya.

Banyak bintang yang seperti Matahari kita tidak berakhir dengan ledakan. Sebaliknya, raksasa itu perlahan-lahan mengembang dan memudar, kehilangan lapisan luarnya dan meninggalkan inti matinya. 

Sisa-sisa ini dikenal sebagai katai putih, terbuat dari materi yang merosot, sejenis gas ultra-kompresi aneh yang masih berusaha dipahami oleh para ilmuwan.

Terletak hanya 15 tahun cahaya dari Bumi, LAWD 37 telah menjadi subjek studi yang populer selama bertahun-tahun. Dalam penelitian baru mereka. Penulis studi menggunakan data posisi dari misi Gaia Badan Antariksa Eropa untuk memprediksi dengan tepat kapan LAWD 37 akan lewat di depan bintang yang jauh, memungkinkan tim untuk mempersiapkan peristiwa pelensaan gravitasi yang sesuai. 

Berdasarkan pergerakan bintang yang jauh di langit, tim menghitung bahwa bobot katai putih kira-kira 56 persen massa Matahari. sesuai dengan model dan prediksi mengenai apa yang terjadi di dalam sisa-sisa bintang yang aneh ini.

Pengukuran massa ini adalah salah satu dari banyak harapan yang akan datang –termasuk pengukuran berdasarkan data baru dari James Webb Space Telescope. Tim tersebut telah mengamati katai putih lain, LAWD 66 dan akan terus mengamatinya sampai mereka memiliki cukup informasi untuk mengukur massanya pada tahun 2024, mengungkap potongan teka-teki lainnya.

leX_NygaKzU

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya