Digenjot untuk Penuhi Pasar Domestik, Apa Itu Paraffin Wax?

Paraffin wax.
Sumber :
  • Khavaran Paraffin

VIVA Tekno – Paraffin wax menjadi bahan baku yang digunakan dan ikut menentukan kualitas banyak produk seperti ban, pupuk, dan lilin hingga produk-produk perawatan diri dan farmasi, bahkan batik serta garmen.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Salah satu bahan komoditas ini merupakan sebuah produk yang diserap oleh banyak industri, baik domestik maupun luar negeri. Dengan demikian, paraffin wax bisa menjadi strategis dalam keseluruhan kerangka industri Indonesia.

Peningkatan produksi paraffin wax dalam negeri harus digenjot untuk memperkuat penyediaan bahan baku untuk beragam industri domestik yang selama ini bergantung pada impor.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

PT Kirana Mitraabadi kini fokus melakukan pengembangan paraffin wax untuk meningkatkan kapasitas agar memenuhi permintaan domestik.

"Harapannya, kehadiran kami bisa mengurangi (ketergantungan) impor tersebut," kata Direktur Utama PT Kirana Mitraabadi, Edo Krisna Lesmana, melalui keterangan resminya, Jumat, 24 Februari 2023.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Untuk itulah PT Kirana Mitraabadi melanjutkan kerja sama produk paraffin wax dalam negeri dengan Patra Niaga, salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero) pada Kamis, 23 Februari kemarin.

Dengan penajaman kemitraan terkait produksi paraffin wax dalam negeri maka kedua pihak sepakat untuk melakukan peningkatan volume kerja sama dan memperluas varian produk yang akan dihasilkan.

"Dengan semakin banyaknya ketersediaan bahan baku yang kami peroleh maka akan semakin banyak luas variasi produksi yang bisa kami sediakan untuk banyak industri di Indonesia. Ini merupakan cita-cita yang kami usung dalam memproduksi paraffin wax,” tutur Edo.

Sementara itu, Vice President Petrochemical Industry Business PT Pertamina Patra Niaga, Oos Kosasih, mengungkapkan betapa strategisnya bisnis ini. Ia juga menyinggung soal hilirisasi yang dilakukan lewat kerja sama Patra Niaga dan Kirana Mitraabadi.

"Kami selalu berusaha melakukan pengembangan lewat kemitraan seperti ini sehingga mampu meningkatkan kapasitas bisnis serta menjadi cara untuk melakukan hilirisasi yang meningkatkan nilai pemanfaatan sebuah komoditas, khususnya paraffin wax," ungkap Oos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya