Gorontalo Jadi Lokasi Uji Coba Jaringan 5G untuk Kawasan Maritim

Teknologi 5G.
Sumber :
  • China Daily

VIVA Tekno – Telkomsel dan ZTE Corporation bersinergi menguji peningkatan kapabilitas jaringan 5G berbasis pita frekuensi 2.3 GHz yang dapat meningkatkan jangkauan layanan broadband untuk kawasan maritim.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Kerja sama strategis ini dipresentasikan bersamaan dengan perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol bertujuan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui penyediaan konektivitas digital bagi pengembangan sektor perikanan dan wisata bahari, serta memenuhi permintaan akses komunikasi.

Uji coba ini dilaksanakan di Provinsi Gorontalo, salah satu wilayah dengan potensi kelautan terbesar di Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 903,7 km, di mana sektor maritim menjadi salah satu andalan bagi perekonomian daerah.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan menyebutkan bahwa pada 2019 terdapat 19.013 nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut.

Dengan demikian ketersediaan infrastruktur jaringan komunikasi dan akses internet menjadi salah satu kebutuhan penting guna mendukung pertumbuhan dan percepatan perekonomian berbasis digital.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Solusi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan cakupan jaringan broadband di wilayah maritim Indonesia adalah perangkat radio 5G dari ZTE dengan teknologi active antenna yang dapat menjangkau hingga radius 60 km.

"Kami berharap kolaborasi pengujian ketersediaan layanan broadband 5G, yang kali ini fokus ke sektor kemaritiman, dapat semakin membuka peluang akses telekomunikasi digital yang lebih baik, sekaligus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di wilayah Gorontalo," kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho, melalui konferensi pers virtual, Rabu, 1 Maret 2023.

Perluasan cakupan 5G di wilayah maritim Indonesia diharapkan dapat mendukung lebih banyak aktivitas ekonomi, seperti pelayaran, perikanan, dan pariwisata.

Direktur Utama ZTE Indonesia Richard Liang Weiqi memaparkan komitmennya untuk terus mendorong ekosistem digital di Indonesia dengan menghadirkan berbagai solusi serta produk inovatif.

"Kolaborasi ini juga mendorong hadirnya kesempatan yang merata bagi seluruh masyarakat di wilayah maritim Indonesia untuk mendapatkan akses pengalaman gaya hidup digital terdepan," jelas dia.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya