TikTok Ingin Pisah dari China dan Pilih Amerika

Logo TikTok.
Sumber :
  • Ist

VIVA Tekno – Para petinggi TikTok sedang mendiskusikan kemungkinan memisahkan perusahaan dari ByteDance Ltd, perusahaan induk yang berbasis di China, untuk membantu mengatasi kekhawatiran tentang risiko keamanan nasional.

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Divestasi yang dapat menghasilkan penjualan atau penawaran umum perdana, dianggap sebagai upaya terakhir yang harus dilakukan hanya jika proposal perusahaan yang ada dengan pejabat keamanan nasional tidak disetujui, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut, yang menolak untuk disebutkan namanya membahas informasi non-publik. 

Meski begitu, pemerintah China harus menyetujui transaksi semacam itu, mengutip dari situs The Star, Kamis, 16 Maret 2022.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Bisnis TikTok di Amerika Serikat dapat bernilai US$40 miliar hingga US$50 miliar (RM223,70 berdasarkan kelipatan media sosial dan faktor lainnya, menurut analis Bloomberg Intelligence Mandeep Singh dan Damian Reimertz.

TikTok berada di bawah pengawasan atas kepemilikannya di China, yang dikhawatirkan para pejabat AS dapat menyebabkan manipulasi atau mata-mata oleh China terhadap orang Amerika.

Dihadiri Sederet Bintang Dunia, Segini Harga Tiket Met Gala yang Fantastis

Perusahaan yang menjalani tinjauan keamanan nasional oleh Komite Penanaman Modal Asing di Amerika Serikat, tahun lalu setuju untuk menerapkan sejumlah perubahan dalam rencana yang disebut Proyek Texas.

Logo TikTok.

Photo :
  • Beebom

Proposal tersebut termasuk membawa raksasa teknologi Amerika, Oracle Corp untuk menjadi tuan rumah data pengguna AS dan meninjau perangkat lunaknya, menunjuk dewan pengawas tiga orang yang disetujui pemerintah.

Tetapi Cfius yang merupakan panel dari berbagai lembaga yang terlibat dalam keamanan nasional terhenti dalam proses peninjauannya, membuat TikTok tidak yakin apakah platform akan terus beroperasi di AS.

Anggota komite dari Departemen Kehakiman tidak mau menerima proposal TikTok, menurut orang lain yang mengetahui masalah tersebut.

"Baik larangan TikTok maupun divestasi TikTok dari ByteDance, tidak akan mengatasi masalah keamanan nasional tentang transfer data," kata Brooke Oberwetter, juru bicara TikTok. 

Dia melanjutkan, di bawah Proyek Texas, data TikTok untuk pengguna AS kami akan disimpan ke standar keamanan yang jauh lebih tinggi daripada perusahaan Amerika mana pun dengan kelas yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya