NASA Pantau Anomali Besar di Medan Magnet Bumi

Anomali Atlantik Selatan.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa) secara aktif memantau anomali aneh di medan magnet Bumi, wilayah raksasa dengan intensitas magnet rendah di langit di atas planet ini, terbentang antara Amerika Selatan dan Afrika barat daya.

Kurangi Sampah Domestik, Begini Strategi KPC Dukung Sistem Pengolahan Kompos di Sangatta

Fenomena yang luas dan berkembang ini disebut Anomali Atlantik Selatan, yang telah membuat penasaran dan mengkhawatirkan para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Satelit dan pesawat ruang angkasa badan antariksa sangat rentan terhadap kekuatan medan magnet yang melemah dalam anomali, dan paparan yang dihasilkan dari partikel bermuatan dari Matahari.

Masuk Jadi 7 Kontributor Pajak Terbesar, BUMI Raih Penghargaan Kemenkeu

Anomali Atlantik Selatan (SAA) umumnya tidak memengaruhi kehidupan di Bumi, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk orbit pesawat ruang angkasa (termasuk Stasiun Luar Angkasa Internasional), yang melewati langsung anomali saat mereka mengitari planet pada ketinggian orbit rendah Bumi.

Selama pertemuan ini, kekuatan medan magnet yang berkurang di dalam anomali mengartikan bahwa sistem teknologi di satelit dapat mengalami hubungan pendek dan tidak berfungsi jika terkena proton berenergi tinggi yang berasal dari Matahari.

KPC Sulap Lahan Bekas Tambang Jadi Peternakan Sapi Terpadu

Hit acak ini tidak hanya menghasilkan gangguan tingkat rendah, tetapi juga membawa risiko yang menyebabkan kehilangan data signifikan, atau bahkan kerusakan permanen pada komponen utama, menurut laman Science Alert, Jumat, 24 Maret 2023.

Kutub Utara dan Selatan Bumi serta medan magnet.

Photo :
  • mnh.si.edu

Mengurangi bahaya di luar angkasa adalah salah satu alasan NASA melacak SAA karena menjadi misteri anomali yang merupakan peluang besar untuk menyelidiki fenomena yang kompleks dan sulit dipahami, dan sumber daya NASA yang luas serta kelompok penelitian ditunjuk secara unik untuk mempelajari kejadian tersebut.

"Medan magnet sebenarnya adalah superposisi medan dari banyak sumber saat ini," jelas ahli geofisika Terry Sabaka dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland pada tahun 2020.

Sumber utama dianggap sebagai lautan besi cair yang berputar-putar di dalam inti luar Bumi, ribuan kilometer di bawah tanah. Pergerakan massa itu menghasilkan arus listrik yang menciptakan medan magnet Bumi, tetapi tampaknya tidak harus seragam.

Reservoir batuan padat yang sangat besar itu disebut African Large Low Shear Velocity Province yang terletak sekitar 2.900 kilometer (1.800 mil) di bawah benua Afrika, mengganggu pembangkitan medan, menghasilkan efek pelemahan yang dramatis.

"SAA yang diamati juga dapat diartikan sebagai konsekuensi dari melemahnya dominasi medan dipol di wilayah tersebut," kata ahli geofisika dan matematikawan NASA Goddard, Weijia Kuang pada tahun 2020.

leX_NygaKzU

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya