Kebutuhan Jaringan Fiber Optik di Indonesia Meningkat Pesat

Ilustrasi kabel serat optik
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Indonesia kini semakin gencar mengembangkan infrastruktur jaringan fiber optik di berbagai daerah, untuk mendukung kebutuhan industri dan masyarakat akan konektivitas pasca pandemi.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Salah satu perusahaan yang aktif mengembangkan teknologi serta menargetkan ekspansi jaringan fiber optik di Indonesia, adalah Lintasarta.

Dalam rangka mendukung percepatan pemerataan jaringan di Indonesia, Lintasarta menargetkan ekspansi jaringan fiber optik menjadi hampir 400 kota di tahun 2023, dari yang awalnya di kisaran 200 kota pada tahun sebelumnya.

Percepatan Implementasi AI, Lintasarta Menjalin Kerjasama Strategis Kembangkan Solusi Industri 

Tidak hanya itu, total hasil penambahan jaringan fiber optik pada tahun ini juga ditargetkan mencapai hampir 16.000 kilometer di berbagai wilayah di Indonesia.

Gedung Lintasarta.

Photo :
  • Dok: Lintasarta
Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Hal ini dilakukan mengingat pengguna jaringan di Indonesia meningkat setiap tahunnya, terutama pada periode 2022-2023 yang mencapai 215,63 juta orang atau meningkat sebesar 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya.

“Ini kami lihat sebagai tren positif pertumbuhan pengguna jaringan yang harus didukung, terutama dengan masih banyaknya masyarakat yang berkegiatan secara daring atau online,” ujar President Director Lintasarta, Arya Damar melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 29 Maret 2023.

Salah satu upaya Lintasarta untuk mendukung percepatan pemerataan jaringan di Indonesia adalah melalui keterlibatan dalam mendukung konektivitas pada salah satu wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yaitu Nongsa Batam.

Upaya ini juga selaras dengan misi pemerintah dalam mempersiapkan tambahan 12.083 kilometer fiber optik pada 2024 untuk meningkatkan ketahanan dan mengintegrasikan jaringan nasional yang tidak terhubung, serta jaringan internasional.

Dari sisi industri, berbagai perusahaan juga sedang menyiapkan infrastruktur jaringan untuk menyambut teknologi 5G yang semakin populer di Indonesia.

Dengan peningkatan jaringan fiber optic, para pelanggan Lintasarta dan masyarakat Indonesia secara umum diharapkan akan merasakan peningkatan layanan yang signifikan, terutama di daerah yang sedang berkembang menjadi kota-kota industri dan membutuhkan koneksi jaringan dengan bandwidth tinggi dan kualitas yang mumpuni.

Diperluasnya jangkauan fiber optic tersebut diharapkan dapat membantu mempercepat tercapainya transformasi digital yang merata di Indonesia melalui akses jaringan berkecepatan tinggi. Dukungan ini juga merupakan bagian dari solusi Lintasarta yang terintegrasi, mulai dari konektivitas hingga solusi teknologi informasi lainnya.

Melalui inovasi dan ekspansi jaringan fiber optic, diharapkan Indonesia dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya