3 Manfaat Puasa Setengah Hari untuk Anak-anak

Anak sehat.
Sumber :
  • parenting.firstcry

VIVA Tekno – Puasa Ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh dalam satu hari penuh mulai dari waktu sahur sebelum subuh hingga waktu Maghrib. Namun, bisa juga dilakukan setengah hari bagi anak-anak yang baru mau belajar menjalankan puasa. 

Miris, Ayah Rudapaksa Anak Kandung Berulang Kali Usai Nonton Video Porno

Anak yang melakukan puasa setengah hari adalah salah satu bentuk puasa yang dilakukan dengan cara tidak makan dan minum selama setengah hari, biasanya dilakukan pada pagi hari hingga waktu makan siang. 

Puasa setengah hari dapat memberikan manfaat yang baik bagi anak jika dilakukan dengan benar dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan anak. Berikut ini beberapa manfaat dari puasa setengah hari bagi anak yang dihimpun dari berbagai sumber.

Jangan Dilarang Moms, Bermain Punya 5 Manfaat Ini Buat Kecerdasan Anak

1. Menumbuhkan rasa disiplin

Ilustrasi anak menabung.

Photo :
  • Freepik
Selain Izin ke Anak, Natasha Rizky Tektokan Dulu Sama Desta Soal Ini Kalau Mau ke Luar Negeri

Puasa setengah hari dapat membantu menumbuhkan rasa disiplin pada anak, karena mereka harus menahan diri untuk tidak makan dan minum selama beberapa jam. Dengan puasa setengah hari dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam mengatur waktu dan memprioritaskan kegiatan yang lebih penting.

2. Meningkatkan kesadaran sosial

ilustrasi orang tua prank ke anak

Photo :
  • freepik

Manfaat selanjutnya, puasa setengah hari juga dapat membantu meningkatkan kesadaran sosial pada anak, karena mereka dapat memahami pengalaman orang-orang yang tidak memiliki akses terhadap makanan dan minuman seperti yang mereka miliki. Ini dapat membantu anak lebih menghargai apa yang mereka miliki dan memberikan perhatian pada orang-orang yang kurang beruntung.

3. Meningkatkan kesehatan

Anak sehat

Photo :
  • parenting.firstcry

Selain itu, puasa setengah hari juga dapat memberikan manfaat kesehatan pada anak, terutama jika dilakukan dengan baik dan benar. Puasa setengah hari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi risiko obesitas pada anak. Selain itu, puasa juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa tak semua puasa setengah hari cocok dilakukan oleh semua anak. Apalagi bagi anak-anak yang memiliki kondisi kesehatan yang rentan, misalnya masih dalam masa pertumbuhan, memiliki masalah kesehatan tertentu atau anak-anak yang sedang dalam masa penyembuhan. 

Penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum memutuskan untuk memperkenalkan puasa setengah hari pada anak. Selain itu, pastikan anak tetap terhidrasi dengan baik selama waktu puasa dan memperhatikan tanda-tanda dehidrasi seperti haus yang berlebihan, mulut kering, dan kulit yang kusam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya