Jangan Coba-coba Memalsukan Emas Batangan

Emas batangan.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/aa

VIVA Tekno – Selama ini, produsen emas murni batangan yang dijual di Indonesia membungkus produknya dalam kemasan yang tertutup rapat untuk alasan keamanan supaya terhindar dari risiko pemalsuan.

Harga Emas Hari Ini 29 April 2024: Global dan Antam Kompak Merosot

Fitur pengaman bukti keaslian produk selalu dibubuhkan pada sertifikat. Mulai dari menaruh Hologram, SQRC (Security QR Code), hingga Security Ink & Paper.

Karena alasan itulah, sertifikat dan produk emas murni batangan selalu dibungkus rapat dalam satu kesatuan. Oleh sebab itu, produk emas tidak bisa dipegang secara langsung.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Tapi kini, ada teknologi yang diklaim mampu melindungi keaslian emas sehingga tidak bisa dipalsukan. Namanya BullionProtect.

Teknologi ini mampu memproteksi keaslian logam mulia yang dikembangkan oleh produsen emas murni batangan Metalor Technologies yang berasal dari Swiss.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Teknologi ini terbukti dapat melawan dan mengantisipasi tindakan pemalsuan barang yang beredar di pasaran, termasuk pada produk emas batangan dengan membubuhkan tinta keamanan (security ink) pada permukaan produk emas murni batangan.

CEO PT Emas Antam Indonesia (EAI) Bambang Wijanarko memahami keinginan pelanggan untuk membeli emas murni batangan, yang bisa dipegang secara langsung.

Untuk itulah, pihaknya bersama PT Hartadinata Abadi/HRTA memberikan solusi fitur keamanan yang melekat langsung pada produk EmasKita, sehingga produk tidak perlu lagi dibungkus rapat.

"Terlebih, teknologi ini mampu mengantisipasi pemalsuan emas," ungkapnya, melalui keterangan resmi, Rabu, 5 April 2023.

Dalam menggunakan teknologi ini, EAI dan HRTA bekerja sama dengan SICPA, penyedia tinta keamanan global tepercaya serta solusi identifikasi, keterlacakan, dan otentifikasi yang aman.

Selain teknologi BullionProtect, EmasKita juga masih memiliki fitur keamanan lain yang sudah ada dari sebelumnya seperti scan QR code yang tertera di belakang kemasan produk. Pada saat proses scanning, perangkat akan secara otomatis terhubung ke situs resmi EmasKita.

Jika produk EmasKita yang dimiliki asli, maka akan muncul notifikasi bertuliskan ‘Produk Asli’ berikut dengan informasi produk.

Selain itu, EmasKita juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu dilengkapi fitur Augmented Reality (AR) yang bisa diakses juga melalui QR code tersebut.

Teknologi augmented reality (AR).

Photo :
  • Instagram/@runsammie

"EmasKita menjadi produk emas murni batangan pertama di Indonesia yang dapat dipegang secara langsung dengan kemasan kapsul yang elegan dan dapat dibuka, konsumen bisa mengeluarkan produk emasnya tanpa perlu khawatir terhadap pemalsuan," kata Direktur Utama HRTA Sandra Sunanto.

Dengan meningkatnya fitur keamanan dan beragam inovasi pada produk EmasKita, diharapkan minat masyarakat untuk investasi emas juga ikut naik, apalagi sekarang sudah tersedia emas murni batangan yang bisa dipegang langsung sehingga mendorong semakin banyak orang untuk berinvestasi emas sebagai bagian dari gaya hidup mereka.

Sandra juga melihat permintaan akan produk emas batangan di perusahaannya berpotensi meningkat didukung oleh kecanggihan fitur keamanan, beragam inovasi dan nilai buyback yang kompetitif pada produk EmasKita.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa kontribusi penjualan produk emas batangan mampu mencapai 50 persen dari total penjualan tahun ini," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya