NASA (Akan) Kembali ke Bulan Setelah 50 Tahun

Astronot NASA yang akan ke Bulan.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA, telah menunjuk empat astronot yang akan membawa umat manusia kembali ke Bulan setelah jeda 50 tahun.

Ilmuwan NASA Masuk Islam Usai Dipecat Setelah Melihat Mukjizat Malam Lailatul Qadar

Christina Koch akan menjadi astronot wanita pertama yang pernah ditugaskan ke misi bulan, sementara Victor Glover akan menjadi astronot kulit hitam pertama di salah satunya.

Mereka akan bergabung dengan Reid Wiseman dan Jeremy Hansen untuk menerbangkan kapsul mengelilingi Bulan akhir tahun depan atau awal 2025.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Astronot kulit hitam dan wanita pertama NASA dalam misi ke Bulan

Photo :
  • NASA
NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Para astronot tidak akan mendarat di Bulan, tetapi misi mereka akan membuka jalan bagi pendaratan oleh kru selanjutnya. Tiga warga AS dan satu warga Kanada itu tunjukkan ke publik dalam sebuah upacara di Houston, Texas.

Mereka kini akan memulai periode pelatihan intensif untuk mempersiapkan diri. Dalam memilih wanita dan orang kulit berwarna, NASA menepati janjinya untuk menghadirkan keragaman yang lebih besar dalam upaya eksplorasi.

Semua misi berawak ke Bulan sebelumnya dilakukan oleh orang kulit putih, seperti dikutip dari situs BBC.

Berikut 4 astronot tersebut:

Reid Wiseman (47): Seorang pilot Angkatan Laut AS yang pernah menjabat sebagai kepala kantor astronot NASA. Dia pernah menerbangkan satu misi luar angkasa sebelumnya, ke stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2015.

Victor Glover (46): Pilot uji Angkatan Laut AS. Dia bergabung dengan NASA pada 2013 dan melakukan penerbangan luar angkasa pertamanya pada tahun 2020. Dia adalah orang Afrika-Amerika pertama yang tinggal di stasiun luar angkasa selama enam bulan.

Christina Koch (44): Seorang insinyur listrik. Dia memegang rekor waktu terus menerus terlama di luar angkasa oleh seorang wanita, yaitu 328 hari. Bersama astronot NASA, Jessica Meir, dia berpartisipasi dalam perjalanan luar angkasa wanita pertama pada Oktober 2019.

Jeremy Hansen (47): Sebelum bergabung dengan Canadian Space Agency, dia adalah seorang pilot pesawat tempur di Royal Canadian Air Force. Dia belum terbang di luar angkasa.

"Kru Artemis-2 mewakili ribuan orang yang bekerja tanpa lelah untuk membawa kita ke bintang-bintang. Ini kru mereka, ini kru kita, ini kru kemanusiaan," kata Administrator NASA Bill Nelson.

Astronot NASA yang akan ke Bulan

Photo :
  • NASA

"Astronot NASA Reid Wiseman, Victor Glover, dan Christina Hammock Koch, dan astronot CSA Jeremy Hansen, masing-masing memiliki cerita mereka sendiri, tetapi, bersama-sama, mereka mewakili keyakinan kami: E pluribus unum - dari banyak, satu. Bersama-sama, kami mengantar di era baru eksplorasi untuk generasi baru pelaut dan pemimpi bintang - Generasi Artemis."

Wiseman akan menjadi komandan; Glover akan menjadi pilotnya; Koch dan Hansen akan bertindak sebagai "spesialis misi" pendukung. Kuartet tersebut pada dasarnya mengulangi misi 1968 yang dilakukan oleh Apollo 8, yang merupakan penerbangan luar angkasa manusia pertama yang mencapai Bulan. Awaknya mengambil gambar terkenal "Earthrise" yang menunjukkan planet asal kita muncul dari balik cakrawala bulan.

Perbedaan utama kali ini adalah penggunaan teknologi abad ke-21 yang dikembangkan NASA di bawah program Artemis. Dalam mitologi Yunani, Artemis adalah saudara kembar Apollo. Tahun lalu, NASA menguji roket Bulan generasi berikutnya, yang disebut Sistem Peluncuran Luar Angkasa, dan kapsul awak terkait, yang dikenal sebagai Orion.

Misi Artemis-1 ini meninggalkan Bumi dalam perjalanan 25 hari mengelilingi Bulan tanpa ada orang di dalamnya. Ini memungkinkan para insinyur untuk menilai kesiapan perangkat keras.

Sekarang, astronot baru akan naik ke Orion untuk Artemis-2 dan perjalanan ke dan dari Bulan yang kemungkinan akan memakan waktu sekitar 10 hari.

Misi penerbangan luar angkasa manusia terakhir ke Bulan adalah Apollo 17 pada Desember 1972. Pendaratan pertama adalah Apollo 11 pada 1969.

Artemis-3, pendaratan pertama era baru, diperkirakan tidak akan terjadi hingga setidaknya 12 bulan setelah Artemis-2. NASA belum memiliki sistem yang mampu membawa astronot ke permukaan bulan. Ini sedang dikembangkan oleh perusahaan SpaceX milik pengusaha Elon Musk. Disebut Starship, kendaraan tersebut akan memulai uji terbang dalam beberapa minggu ke depan.

NASA

Photo :
  • NASA

“Kita perlu merayakan momen ini dalam sejarah manusia karena Artemis-2 lebih dari sekadar misi ke Bulan dan kembali; ini lebih dari misi yang harus terjadi sebelum kita mengirim orang ke permukaan Bulan. Ini adalah langkah selanjutnya dalam perjalanan yang membawa umat manusia ke Mars," kata Victor Glover pada upacara di Houston.

Christina Koch menambahkan: "Apakah Anda bersemangat? Saya bertanya itu karena satu hal yang paling membuat saya bersemangat adalah bahwa kami akan membawa kegembiraan Anda, aspirasi Anda, impian Anda bersama kami, dalam misi ini, Artemis-2 - misi Anda ."

Vanessa Wyche adalah direktur Johnson Space Flight Center Nasa, pusat kontrol misi. Dia berkata: "Di antara kru [Artemis-2] adalah wanita pertama, orang kulit berwarna pertama, dan orang Kanada pertama dalam misi bulan, dan keempat astronot akan mewakili umat manusia terbaik saat mereka menjelajah untuk kepentingan semua."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya