Instrumen Ini Penting untuk Dongkrak Bisnis

Transformasi digital.
Sumber :
  • Harvard Business Review

VIVA Tekno – Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Jumlah tersebut meningkat 2,67 persen dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna. Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19 persen dari total populasi Indonesia yang sebanyak 275,77 juta jiwa.

Digitalisasi menjadi instrumen penting untuk mendongkrak bisnis, tidak terkecuali bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) industri kerajinan.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Melalui akses online, semua transaksi bisnis dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, sehingga roda bisnis pelaku bisnis UMKM diharapkan bisa lebih cepat berkembang.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Ilustrasi digitalisasi.

Photo :
  • Pixabay

Dewan Kerajinan Nasional atau Dekranas mengakui jika digitalisasi pasar kerajinan menjadi sebuah keharusan. Para pelaku industri harus mulai terlibat dalam perubahan teknologi yang pesat dan tidak hanya menjadi penonton pasif.

Untuk itu, Dekranas mendorong digitalisasi pasar kerajinan mulai dari perbaikan produk, kemampuan bersaing, presentasi produk hingga strategi pemasaran yang sesuai dengan industri 4.0.

Namun, transformasi dari pasar offline ke online melalui website atau marketplace diakui memerlukan banyak persiapan.

Seperti diketahui, memasuki usia ke-43 tahun, Dekranas terus berdedikasi dalam menghimpun pecinta dan peminat seni tanah air untuk senantiasa memayungi dan mengembangkan produk kerajinan.

"Kami sudah melakukan pelatihan 'Literasi Keuangan Kunci Sukses Wirausaha Baru' yang bersinergi dengan Bhayangkari dari bidang Kemitraan," ungkap Ketua Panitia Peringatan HUT Dekranas ke-43, Endang Budi Karya, dalam keterangan resminya, Sabtu, 8 April 2023.

Dalam rangka Ramadhan, Dekranas turut menggaungkan semangat berbagi kepada sesama lewat 'Bakti Sosial dan Bazar Murah' bagi masyarakat yang berada di sekitar Rumah Kriya Asri Dekranas, Jl Ampera Raya No.1000, Jakarta Selatan.

"Karena sekarang bulan puasa maka kita juga ingin berbagi kepada masyarakat di sekitar kantor Dekranas. Selain paket sembako di bazar murah, kita juga memiliki 200 paket yang akan dibagikan kepada perajin," jelas Endang.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya