2 Hari Sebelum Lebaran Akan Ada Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana Matahari.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Pada 20 April 2023 akan terjadi Gerhana Matahari Hibrida, ialah peristiwa Gerhana Matahari yang memiliki 2 macam gerhana berbeda yang terjadi dalam satu waktu, dimulai dengan Gerhana Matahari Cincin, dilanjutkan Gerhana Matahari Total kemudian kembali Gerhana Matahari Cincin.

Kapan Bumi Kiamat?

Peristiwa ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Sementara untuk Gerhana Matahari Cincin hanya bisa dilihat di Amerika Serikat, sebagian Amerika Tengah, Kolombia dan Brazil.

Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa dalam keterangannya yang dikutip pada Senin, 10 April 2023 menjelaskan bahwa Yogyakarta akan menjadi provinsi yang paling awal mengalami Gerhana Matahari Sebagian. Sedangkan Medan akan menjadi provinsi yang paling awal mengakhirinya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Jayapura akan menjadi wilayah yang paling akhir memulai, sekaligus mengakhiri Gerhana Matahari Sebagian, Sayangnya ini tidak dapat disaksikan di lima kabupaten/kota di Aceh, seperti Sabang, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Besar dan Pidie.

Tahun ini setidaknya akan terjadi 4 gerhana, tapi satu di antaranya tidak bisa disaksikan dari Indonesia. Selain Gerhana Matahari Hibrida, ada juga Gerhana Bulan Penumbra pada 5-6 Mei dan Gerhana Bulan Sebagian di 29 Oktober 2023.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Adapun yang tidak bisa kita saksikan adalah Gerhana Matahari Cincin pada 15 Oktober karena negara kita tidak terkena bayangan antumbra maupun penumbra Bulan.

Gerhana Matahari tida bisa terjadi setiap Bulan karena orbit satelit alami Bumi itu memiliki kemiringan sebesar 5 derajat. Selain itu durasi drakonis Bulan atau waktu yang dibutuhkan Bulan untuk menempuh orbit dari simpul ke simpul yang sama, rata-rata lebih pendek 2,2 hari dibandingkan dengan durasi sinodis Bulan.

"Oleh karena itu Bulan akan berada pada simpul sekaligus fase yang sama setiap 6-7 bulan sekali. Saat Bulan berada dekat simpul, maka bayangangan Bulan akan jauh dari permukaan Bumi," jelas LAPAN.

Wilayah yang kena bayangan umbra, antumbra dan penumbra, berturut-turut akan mengalami Gerhana Matahari Total, Cincin dan Parsial atau Sebagian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya