Jiwa Manusia yang Sudah Meninggal Dunia Dapat Diunggah ke Komputer

Ilustrasi kecerdasan buatan.
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

VIVA Tekno – Kita mungkin dapat bertemu dengan teman, keluarga dan kerabat sudah meninggal dunia melalui komputer. Pratik Desai, seorang ilmuwan komputer Silicon Valley yang mendirikan berbagai platform Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan, berani memprediksi bahwa kesadaran atau jiwa manusia bisa diunggah ke perangkat digital akhir tahun ini.

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

“Mulailah merekam orangtua dan orang-orang yang Anda cintai secara teratur,” tulis di utas Twitter yang telah ditonton lebih dari 5,7 juta kali dan puluhan ribu tanggapan, melansir New York Post.

Dorman Borisman Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

Ilustrasi kecerdasan buatan.

Photo :
  • www.pixabay.com/geralt

“Dengan data transkrip yang cukup, sintesis suara baru, dan model video, ada kemungkinan 100% mereka akan tinggal bersama Anda selamanya setelah meninggalkan tubuh fisik. Ini seharusnya bahkan mungkin bisa digunakan pada akhir tahun,” ungkapnya.

Berawal Cabut Gigi Bungsu, Perempuan Ini Alami Infeksi hingga Meninggal Dunia

Mengunggah kesadaran seseorang akan melibatkan penyimpanan video, rekaman suara, dokumen, dan foto orang yang ingin kamu bayangkan ulang ke komputermu.

Aset yang dikompilasi ini kemudian akan diunggah ke sistem AI yang akan mempelajari sebanyak mungkin tentang individu yang telah meninggal dunia.

Tujuan utamanya: bagi pengguna untuk membuat avatar yang menyerupai orang yang mereka cintai sebelum dia meninggal, sehingga orang ini, dalam arti tertentu, dapat hidup selamanya di layar komputer.

Di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang meningkatnya dominasi global AI, ditandai dengan segala sesuatu mulai dari perilaku bot yang merusak hingga pekerjaan yang sudah usang hingga tuduhan kriminal palsu, satu perusahaan bernama Somnium Space menawarkan mode “hidup selamanya” berbasis AI.

Ilustrasi planet PSR J1719-1438 rekaan tim ilmuwan Universitas Swinburne

Photo :
  • Swinburne Astronomy Productions

“Secara harfiah, jika saya mati, dan saya mengumpulkan data ini, orang-orang dapat datang atau anak-anak saya, mereka dapat masuk, dan mereka dapat berbicara dengan avatar saya, dengan gerakan saya, dengan suara saya,” ujar pendiri dan CEO Artur Sychove.

Dia menambahkan, “Kamu akan bertemu orang itu. Dan Anda mungkin selama 10 menit pertama saat berbicara dengan orang itu, Anda tidak akan tahu bahwa itu sebenarnya AI. Itulah tujuannya.”

Perusahaan lain, Deepbrain, telah mengembangkan program yang disebut "Re;memori" yang memungkinkan pengguna mendapat kesempatan untuk berjalan menyusuri aula peringatan yang didedikasikan untuk mendiang orang yang dicintai dan bahkan berinteraksi dengan orang tersebut "melalui percakapan yang sebenarnya".

Sementara itu, teknologi futuristik aneh serupa sudah digunakan untuk selebritas. Deepfakes menggunakan AI untuk memanipulasi video dan mengganti kemiripan asli satu orang dengan tiruan yang tidak mungkin terdeteksi, sering kali menimbulkan efek yang mengkhawatirkan.

Satu platform AI menciptakan "kembaran digital" dari Bruce Willis untuk memungkinkan kemiripan aktor tersebut muncul di layar meskipun dia sudah pensiun dari dunia akting.

Deepfake aktor "Die Hard" itu telah memulai debutnya, dalam iklan Agustus 2021 untuk MegaFon, sebuah perusahaan telekomunikasi Rusia, yang "mencangkokkan" wajahnya ke Konstantin Solovyov untuk iklan MegaFon.

Di ujung lain spektrum intelektual, banyak yang masih berpendapat bahwa kemajuan AI, termasuk ChatGPT, dapat bermanfaat bagi umat manusia.

Namun, sekelompok ahli teknologi, termasuk Elon Musk, mendesak jeda enam bulan dalam pelatihan model AI tingkat lanjut, dengan alasan sistem tersebut dapat memiliki “risiko besar bagi masyarakat dan kemanusiaan.”

Ilustrasi kecerdasan otak manusia

Photo :
  • U-Report

CEO Twitter dan Tesla itu bergabung dengan lebih dari 1.000 pakar dalam menandatangani surat terbuka yang diselenggarakan oleh Future of Life Institute nirlaba, yang didanai oleh Musk Foundation, organisasi hibah amal milik miliarder tersebut.

Surat tersebut menyerukan jeda industri sampai protokol keamanan yang tepat telah dikembangkan dan diperiksa oleh para ahli independen, dan merinci potensi risiko yang dapat ditimbulkan oleh AI tingkat lanjut jika tidak ditempatkan di bawah pengawasan yang tepat.

Risikonya meliputi penyebaran “propaganda dan ketidakbenaran”, kehilangan pekerjaan, perkembangan “pikiran bukan manusia yang pada akhirnya mungkin melebihi jumlah, mengakali, usang, dan menggantikan kita” dan risiko “kehilangan kendali atas peradaban kita”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya