Siap-siap Bakal Ada Hujan Tak Biasa di Malam Hari

Hujan Meteor Lyrid.
Sumber :
  • Marian Murdoch (http://www.wildmaven.org)

VIVA Tekno – Hujan meteor akan terjadi pekan ini yang disebut sebagai April Lyrids. Meteor ini masuk kategori tertua yang sudah diketahui hampir selama 27 abad.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

April Lyrid merupakan hujan meteor signifikan pertama yang muncul sejak Hujan Meteor Quadrantid pada 3 Januari 2023. Sejak saat itu, hampir 16 minggu, kalender selestial tidak memiliki tampilan meteor yang signifikan.

"Hujan Meteor Lyrid tahunan selalu menjadi favorit saya. Setelah tingkat (meteor) yang rendah di bulan-bulan dingin dan Maret, hujan ini penting bagi para pengamat di belahan bumi utara," kata pakar meteor NASA, Peter Jenniskens.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Selain Lyrids, ada juga peluang kecil untuk melihat sekilas beberapa meteor bola api yang mempesona dari kumpulan meteor yang berbeda.

Meskipun jauh lebih tidak menentu dan jauh kurang dapat diandalkan daripada Lyrids, beberapa peristiwa yang akan datang masih layak untuk dicari di mana orang bisa menyebutnya sebagai 'kartu liar' bagi pengamat meteor.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Penampakan hujan meteor Perseid

Photo :
  • NASA/Bill Ingalls

Lyrids adalah meteor yang melaju cukup cepat, yang dapat dilihat setiap malam dari 16 hingga 25 April. Peristiwa ini umumnya menghasilkan lebih dari setengah jumlah maksimumnya selama sekitar satu atau dua hari saat puncaknya yang diperkirakan jatuh pada 22 April 2023.

Waktu utama untuk mencari meteor ini akan datang pada Minggu dini hari, 23 April 2023, ketika Bulan kuartal terakhir yang cerah memberikan beberapa penghalang dengan cahayanya.

Untuk periode ini, Bulan tidak akan menimbulkan gangguan apa pun. Itu akan menjadi potongan tipis, terbenam di barat sebelum pukul 23:00 dan meninggalkan sisa malam yang gelap bagi calon pengamat meteor.

Pengamat tunggal selama waktu puncak dapat menghitung antara 10 hingga 20 meteor per jam, menurut situs Space, Senin, 17 April 2023.

Lyrids digambarkan kaya akan meteor redup, meski kadang-kadang ada yang cerah. Pakar meteor Inggris Alastair McBeath mencatat bahwa Lyrids mampu menghasilkan meteor yang sangat terang.

leX_NygaKzU

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya