14 Ribu Teknisi Dikerahkan supaya Internet Tidak Byar Pet

Ilustrasi berselancar internet dari smartphone.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA Tekno – Laporan terbaru We Are Social and Meltwater berjudul 'Digital 2023', jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sudah mencapai 212,9 juta per Januari 2023. Angka tersebut naik sekitar 5 persen atau 10 juta pengguna dari tahun sebelumnya.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu dengan berinternet daripada menonton TV, berdasarkan survei itu.

Terbukti bahwa berdasarkan data, rata-rata pengguna internet Indonesia mengakses internet selama 7 jam 42 menit per hari, sedangkan waktu yang dihabiskan untuk menonton TV hanya 2 jam 53 menit per hari.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Tak pelak, akses internet kini sangat penting untuk perekonomian Indonesia. Pada setiap momen Lebaran akan ada perubahan tren mobilisasi berkumpulnya masyarakat dari perkotaan ke daerah.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Mudik 2023

Photo :
  • Twitter

Melihat fenomena itu, Indihome menjamin layanannya tetap optimal sepanjang libur Idul Fitri pada 19-25 April 2023. Vice President Marketing Management Telkom Indonesia, E. Kurniawan, mengaku sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan semua kebutuhan teknis agar semua layanan Indihome nihil gangguan.

Realisasi jaminan optimalisasi layanan tersebut harus dipenuhi karena layanan jaringan internet sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan dan infrastruktur vital publik layaknya kebutuhan listrik, bahan bakar minyak (BBM), dan pangan yang harus dijamin ketersediaan dan reliabilitasnya.

Untuk menjamin kelancaran layanan, Telkom Group bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan kapasitas layanan telekomunkasi dan internet sebesar lebih dari 400 ribu Gbps yang disertai dengan menyiagakan 196 posko yang didukung oleh 14 ribu teknisi andal Indihome.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena kami akan meningkatkan konsentrasi layanan, khususnya pada kawasan ramai pemudik. Andaikan sampai terjadi gangguan koneksi internet, maka tim kami siaga penuh untuk memperbaiki gangguan sesegera mungkin," ungkap Kurniawan, melalui keterangan resminya, Jumat, 21 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya