Terungkap Suara Misterius di Gunung Everest yang Terdengar Setiap Malam

Gunung Everest.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia yang berlokasi di Nepal serta memiliki ketinggian 8.849 MDPL.

Hasil Investigasi Rampung, Ini Penyebab Gudmurah Kodam Jaya Meledak

Selain itu, Gunung Everest telah merenggut lebih dari 300 pendaki yang hendak ingin menaklukan gunung tersebut. Namun baru-baru ini, gunung tersebut telah mengeluarkan suara misterius yang terdengar hampir setiap malam.

Gudang Amunisi Meledak dan Tewaskan 20 Tentara, Menhan Kamboja Salahkan Cuaca Panas

Sampah di Gunung Everest, Himalaya.

Photo :
  • tibettravel.org

Dilansir Iflscience, Senin 8 Mei 2023. Dave Hans yang merupakan seorang ekspedisi berpengalaman yang sudah hampir 15 kali menaklukan puncak gunung tertinggi di dunia itu.

Caleg PKS Ngadu ke MK, Suara Diambil Rekan Satu Partai

Saat matahari mulai terbenam di gunung, Dave Hans menjelaskan mengenai suara misterius yang akan dikeluarkan oleh Gunung Everest, "Anda akan mendengar suara letusan, Anda akan mendengar suara Es dan batu jatuh di berbagai tempat di sekitar lembah."

Pada tahun 2017, tim peneliti Nepal dan Jepang mulai mempelajari aktivitas seismik glasial (Waktu Suhu Menurun) di Himalaya. Hal tersebut bertujuan untuk mempelajari suara misterius yang dikeluarkan Gunung Everest setiap malam.

"Kami mendengar ledakan keras ini, Kami memperhatikan bahwa gletser (Bongkahan Es) retak setiap malam hari hingga mengeluarkan suara misterius seperti ledakan" ungkap ahli glasiologi, Evgeny Podolskiy, menjelaskan dalam sebuah pernyataan pada saat itu.

Gunung Everest di Himalaya.

Photo :

Hingga akhirnya tim peneliti menyimpulkan bahwa suara misterius yang keluar setiap malam di Gunung Everest itu adalah rekahan termal nokturnal. Kondisi itu juga dipengaruhi oleh perubahan suhu.

Selain itu, Evgeny Podolskiy memaparkan lebih lanjut, ketika matahari mulai terbenam suhu akan mulai berubah dan turun sekitar -15 derajat celcius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya