Indonesia dan Dunia Sudah Bisa Mencicipi Layanan AI Google

Google.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Google baru-baru ini mengumumkan layanan kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence) generatif, Google Bard yang akan tersedia untuk seluruh pengguna di dunia, termasuk Indonesia dengan dukungan bahasa Inggris, Jepang dan Korea. 

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Saat ini mereka tengah menggodok 40 bahasa yang nantinya bisa digunakan di Bard untuk 180 negara dan wilayah. Pengumuman ini praktis akan menghapus daftar tunggu pengguna yang mengantre untuk menggunakan pesaing dari ChatGPT ini. 

Bard yang diperluas ini akan dibangun di atas Model Bahasa Besar Google terbaru, PaLM 2, membuatnya lebih mampu dari sebelumnya, menurut laman Engadget, Jumat, 12 Mei 2023.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Google merilis Bard generasi pertama pada bulan Februari setelah ChatGPT dari OpenAI muncul. Masalah menjadi lebih buruk ketika kinerja awal Bard terbukti kurang mengesankan. 

Dalam bulan-bulan berikutnya, perusahaan telah bekerja untuk mengembangkan lebih lanjut PaLM, model bahasa yang pada dasarnya menggerakkan Bard, memungkinkannya untuk menghasilkan tanggapan dengan kualitas yang lebih baik dan fidelitas yang lebih tinggi, serta melakukan tugas-tugas baru seperti membuat kode pemrograman.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Seperti yang diumumkan Eksekutif Google pada keynote I/O 2023 perusahaan pada hari Rabu, Bard telah dialihkan ke platform PaLM 2 yang baru.

Google umumkan pesaing ChatGPT, Bard.

Photo :
  • Google.

Dengan demikian, pengguna mendapatkan sekumpulan fitur dan fungsi baru untuk diluncurkan dalam beberapa hari dan minggu mendatang. 

Misalnya fitur yang menggunakan tanggapan visual terhadap pertanyaan. Misalnya saat pengguna meminta pemandangan yang harus dilihat di New Orleans, maka teknologi akan memberikan gambar situs, lebih dari sekadar daftar poin atau deskripsi berbasis teks. 

Sebaliknya, pengguna juga akan dapat lebih mudah memasukkan gambar ke Bard bersamaan dengan permintaan tertulis mereka, membawa kemampuan Google Lens ke Bard.

Bahkan saat Google memadukan dan mencocokkan kemampuan AI di antara produk-produknya, perusahaan sedang mencari sekutu dengan pemimpin industri lainnya untuk semakin meningkatkan kemampuan Bard. 

Google mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka bermitra dengan Adobe untuk membawa AI generatif Firefly ke Bard sebagai sarana untuk melawan penawaran Microsoft BingChat-DallE2.

Terakhir, Google membagikan bahwa mereka akan mengimplementasikan sejumlah perubahan dan pembaruan sebagai tanggapan atas umpan balik yang diterima dari komunitas sejak diluncurkan. 

Mengklik baris kode yang dihasilkan atau jawaban chatbot dan Bard akan memberikan tautan ke sumber tertentu. Perusahaan juga sedang bekerja untuk menambahkan fitur ekspor sehingga pengguna dapat dengan mudah menjalankan kode pemrograman yang dihasilkan di Replit atau memasukkan karya yang dihasilkan ke dalam Dokumen atau Gmail.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya