Besarnya Manfaat Mangrove

Mangrove/hutan mangrove/bakau/hutan bakau.
Sumber :
  • Freepik/lifeforstock

VIVA Tekno – Manfaat hutan bakau (mangrove) tidak kalah penting dari hutan hujan tropis bagi ekosistem pinggir pantai kepulauan Indonesia.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Sebab, pohon mangrove memiliki manfaat penting bagi kehidupan makhluk hidup di antaranya sebagai paru-paru alami, sumber ekonomi masyarakat, hingga pengendali bencana pengikisan daratan.

Hal ini menunjukkan pentingnya mangrove berikut ekosistem karbon birunya, seperti rawa asin (salt marshes), padang lamun (seagrass beds), dan lahan basah pesisir (coastal wetland).

Alasan Nyamuk Senang Menghisap Darah Manusia

Karbon biru atau blue carbon merupakan istilah yang digunakan untuk cadangan emisi karbon yang diserap, disimpan dan dilepaskan oleh ekosistem pesisir dan laut.

Istilah tersebut dilatarbelakangi oleh keadaan karbon yang terserap dan tersimpan di bawah air dan berhubungan dengan perairan.

Kunjungi Wisata Mangrove di Jambi, Menteri Sandiaga Uno: Pertahankan Ekosistem

Seekor Blekok Sawah (Ardeola speciosa) hinggap di dahan pohon mangrove di kawasan hutan mangrove Kampung Laut, Cilacap, Jateng

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Potensi karbon biru di Indonesia sangatlah besar, yakni mencapai 3,4 Giga Ton (GT) atau sekitar 17 persen di dunia. Di Indonesia, blue carbon tersebar pada ekosistem pesisir seperti hutan mangrove, hutan bakau, padang lamun, serta lahan gambut di kawasan pesisir.

Luasnya hutan mangrove yang Indonesia miliki menjadi potensi besar bagi tempat penyerapan karbondioksida (CO2) dari atmosfer kemudian disimpan dan diubah dalam bentuk biomassa tubuh.

Besarnya manfaat hutan mangrove bagi pelestarian ekosistem laut inilah yang mendorong BCA Life untuk bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan melakukan penanaman 1.999 pohon di Pantai Mangunharjo, Semarang, Jawa Tengah.

Jumlah pohon mangrove sebanyak 1.999 tersebut memiliki makna angka 9 yang dalam hal ini merepresentasikan usia BCA Life yang akan memasuki tahun ke-9 pada Juli mendatang.

"Kami berharap bisa semakin konsisten dalam menjalankan komitmen ekonomi keberlajutan melalui kolaborasi dengan mitra/NGO untuk dapat medorong terwujudnya ekosistem hijau di lingkup perusahaan maupun masyarakat. Implementasi konsep environment, social and governance (ESG) yakni mampu mendorong kelestarian lingkungan dan konservasi alam, serta kesuksesan dan keberlanjutan jangka panjang perusahaan," kata Director and Chief Distribution Officer BCA Life, Eva Agrayani, Kamis, 11 Mei 2023.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya