Geger Seekor Anjing Selamatkan Orang Kena Serangan Jantung

Ilustrasi anjing.
Sumber :
  • freepik/Racool_studio

VIVA Tekno – Seekor anjing di Jepang dipuji sebagai pahlawan setelah menyelamatkan nyawa seorang pria yang mengalami serangan jantung di klub penunggang kuda Wakaba-ku, Chiba.

Tukang Parkir Liar di Bekasi Serobot Lahan Warga, Ditegur Malah Ngamuk

Koume, anjing kampung berusia 5 tahun dilaporkan menggonggong terus menerus untuk memberitahu orang-orang di sekitarnya.

Ilustrasi anjing pitbull.

Photo :
  • Pixabay
Viral Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan, Pengunggah Minta Maaf ke Pihak Kecamatan

Anjing ini kemudian dianugerahi surat penghargaan resmi dari petugas pemadam kebakaran setempat pada upacara khusus bulan lalu atas usaha penyelamatan nyawanya.

Dilansir dari Malay Mai, Kamis, 11 Mei 2023, seorang instruktur berkuda, Yuna Maruo berkata Koume yang biasanya pendiam tiba-tiba menggonggong saat melihat pria berusia lima puluhan pingsan di taman berkuda.

Kenapa Serangan Jantung Terjadi Pada Saat Tidur di Malam Hari?

"Koume biasanya pendiam dan menggonggong hanya dalam keadaan yang jarang terjadi. Tapi saat keadaan darurat muncul, Koume menggonggong," ujar pria 23 tahun yang ikut menyelamatkan pria yang pingsan itu.

Gonggongan itu dianggap sebagai cara Koume agar ada orang yang bergegas membantu pria tersebut. Klub juga mengatakan gonggongan Koume memungkinkan staf untuk memanggil ambulans dan paramedis dengan cepat untuk menyelamatkan pria yang mengalami serangan jantung tersebut.

Sejak kejadian tersebut, pria ini sudah kembali berkuda di klub. Departemen Pemadam Kebakaran Wakaba mengatakan gonggongan Koume dan tindakan para staf adalah tanggapan yang sempurna terhadap korban serangan jantung.

Ilustrasi Anjing Pelacak

Photo :
  • Pixabay

"Tindakan Koume dalam meminta bantuan dan tindakan staf merupakan tanggapan yang sempurna," kata seorang pejabat di departemen pemadam kebakaran.

Klub berkuda tersebut memang mempekerjakan anjing betina sebagai "maskot" yang berfungsi untuk menyapa anggota selama beberapa generasi. Tak hanya menyelamatkan orang, Koume dahulu pernah berjasa untuk mencegah seekor kuda yang hendak kabur dari wilayah berkuda dan membantu kuda tua lain yang kesulitan berdiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya