Kiamat Asteroid Tidak Terjadi 1.000 Tahun ke Depan

Dinosaurus.
  • istockphoto

VIVA Tekno - Manusia tidak akan musnah seperti yang terjadi pada dinosaurus setidaknya selama 1.000 tahun, menurut sebuah studi baru tentang asteroid besar yang berlindung di dekatnya.

Para peneliti di University of Colorado , Boulder , dan NASA telah menganalisis hampir 1.000 objek dekat Bumi ( NEO ) yang berukuran lebih dari satu kilometer -tetapi tidak seperti pemodelan tipikal yang menilai risikonya selama satu abad di mana tim telah melihat ke depan selama ribuan tahun.

"Secara umum, dampak asteroid yang dapat menyebabkan kerusakan signifikan di Bumi sangat kecil kemungkinannya," kata Davide Farnocchia dari NASA , berbicara kepada MIT Technology Review . Untuk berjaga-jaga, peneliti sedang melakukan uji tuntas.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Menurut situs Metro, Selasa, 16 Mei 2023, peneliti datang dengan pendekatan pemrosesan yang tidak terlalu intens untuk mengintip pada interval waktu yang lebih lama.

Sekitar 3.000 NEO baru ditemukan setiap tahun oleh teleskop survei yang memindai langit malam untuk mencari potensi ancaman.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Namun, sementara asteroid mengikuti orbit yang dapat diketahui di sekitar Matahari, ketidakpastian kecil pada posisinya dapat berdampak besar pada lintasannya, seperti halnya efek gravitasi planet terdekat. Ini membutuhkan pemantauan yang cermat dan prediksi jalur.

Asteroid.

• U-Report

Farnocchia dari Center for Near Earth Object Studies NASA di Jet Propulsion Laboratory di California mengatakan, dengan mengidentifikasi sebagian kecil dari setiap orbit asteroid yang akan membawanya mendekati Bumi, mereka dapat menilai kemungkinan dampaknya dalam waktu yang lebih lama.

"Ini kabar baik," kata penulis utama studi, Oscar Fuentes-Munoz dari University of Colorado, Boulder. Sejauh yang mereka tahu, tidak ada dampak dalam 1.000 tahun ke depan.

Studi yang telah diterima untuk dipublikasikan di Astronomical Journal mengidentifikasi asteroid dengan risiko tabrakan tertinggi. Dinamakan 1994 PC1, asteroid berbatu selebar satu kilometer ini ditemukan memiliki peluang 0,000151 persen untuk melewati orbit Bulan -sepuluh kali lipat risiko yang ditimbulkan oleh asteroid lain yang dipelajari.

Menurut Munoz , kemungkinan tidak akan ada tabrakan. Tapi itu akan menjadi peluang ilmiah yang sangat bagus karena menjadi asteroid besar yang sangat dekat dengan kita.

Namun penelitian tersebut belum menilai asteroid berukuran lebih kecil yang mampu menghancurkan kota, berukuran lebih dari 140 meter. Dia mengatakan kepada The MIT Technology Review bahwa katalog NEO semacam itu sudah selesai sekitar 40 persen.

"Tergantung berapa banyak. Kami tidak yakin. Tapi ada harapan bahwa survei baru di langit akan memberi kita tingkat penyelesaian yang jauh lebih tinggi," jelasnya.