Telkom Rela IndiHome Jatuh ke Pelukan Telkomsel

Penandatangan pemisahan usaha IndiHome oleh Telkom dan Telkomsel.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dan PT Telekomunikasi Selular / Telkomsel pada Selasa hari ini, 27 Juni 2023, telah menandatangani akta pemisahan (deed of spin-off) untuk mengintegrasikan layanan IndiHome.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

"Per tanggal 1 juli 2023, secara legal, IndiHome akan pindah ke Telkomsel," kata Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, seperti dikutip VIVA Tekno di Jakarta, Selasa, 27 Juni 2023.

Ia berharap apa yang mereka lakukan sekarang menjadi basis penting untuk mengoperasikan fixed mobile convergence (FMC) di Telkomsel yang tidak hanya memberikan keuntungan perusahaan tapi juga masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Kesepakatan ini merupakan tonggak penting bagi implementasi inisiatif FMC Telkom sebagai bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves, dalam rangka menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat.

Dengan selesainya proses integrasi IndiHome menjadikan kepemilikan efektif Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9 persen, sementara Singtel di Telkomsel menjadi 30,1 persen.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Pengalihan IndiHome ke Telkomsel ini sekaligus menandai refocus bisnis dalam Telkom, yakni segmen Business to Consumer (B2C) yang sepenuhnya akan dikelola oleh Telkomsel.

Indonesia Digital Home / Indihome.

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Sementara Telkom akan fokus untuk menjadi pemimpin pasar pada segmen Business to Business (B2B) yang merupakan sumber pendapatan baru potensial untuk pertumbuhan Telkom yang lebih tinggi di masa mendatang.

"Hari ini merupakan tonggak perjalanan yang penting bagi transformasi Telkom Group yang akan berfokus memajukan B2B Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan terhadap langkah transformasi Telkom," kata Ririek Adriansyah, seperti dikutip VIVA Digital.

Kajian mendalam terkait FMC telah dilakukan, bahkan 23 dari 25 operator telco terbesar dunia telah mengimplementasikan FMC. Hal ini menunjukkan bahwa inisiatif tersebut merupakan langkah yang paling tepat dan sudah terbukti hasilnya.

Mulai 1 Juli 2023, untuk kebutuhan informasi dan layanan, pelanggan IndiHome juga dapat menghubungi customer touch point Telkomsel, seperti call center 188, website www.telkomsel.com, layanan email cs@telkomsel.com, dan GraPARI (walk-in). 

Sedangkan untuk layanan customer touch point IndiHome seperti aplikasi MyIndiHome, website indihome.co.id, Plasa Telkom (walk-in), Call Center 147, serta akun media sosial @IndiHomeCare.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya