Geger Trankrip Percakapan Kapal Selam Wisata Titanic sebelum Meledak

Wisata maut Kapal Selam Wisata Titanic.
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Screenshot berisi transkrip percakapan yang diklaim berasal dari kapal selam Titan beredar di media sosial, khususnya di TikTok dan Twitter.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Transkrip yang belum dikonfirmasi keasliannya itu menunjukkan komunikasi terakhir Titan dengan kapal induknya, Polar Prince.

Kapal selam OceanGate.

Photo :
  • OceanGate.
Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Untuk diketahui, kapal selam Titan dari OceanGate meledak karena tekanan dalam perjalanan ke bangkai kapal Titanic. Sayangnya kejadian ini menewaskan kelima penumpang di dalamnya. Dan dari transkrip yang tersebar menunjukkan bahwa mereka tahu bahwa mereka dalam bahaya.

Miliarder penerbangan Hamish Harding, CEO OceanGate Stockton Rush, pengusaha Shahzada Dawood dan putranya Suleman, dan pilot Prancis Paul-Henry Nargeolet dipastikan tewas pada 22 Juni setelah puing-puing dari kapal yang meledak ditemukan dari dasar laut.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Dilansir VIVA Digital dari HITC, Kamis, 6 Juli 2023, dalam tangkapan layar menunjukkan komunikasi antara Titan dan kapal induknya Polar Prince selama misi berlangsung.

Transkrip dimulai pada 7:52 pagi ketika Polar Prince diduga memberi tahu penumpang di kapal Titan bahwa mereka diberi izin ke Titanic dan kapal selam perlahan mulai turun ke laut.

"Selamat menikmati para penyelam," kata kapal induk sebelum meminta mereka untuk melakukan pemeriksaan sistem dan mengatakan bahwa mereka bisa untuk melanjutkan.

"Semua sistem berfungsi normal. Kami dalam kondisi yang baik. Melanjutkan penurunan kami sesuai rencana," kata kapal itu pada pukul 8:34 pagi.

Mereka melanjutkan kontak dengan Polar Prince dan mengkonfirmasi kedalaman mereka saat ini 45 menit setelah penyelaman, dengan posisi semua sistem stabil dan terus turun.

Transkrip mengatakan semuanya masih "berlayar mulus" pada tanda jam dan "terkendali" pada 75 menit, tetapi kemudian hal-hal yang tidak beres mulai terjadi.

Kapal selam Titan.

Photo :
  • OceanGate

Pada pukul 9:28 pagi, transkrip tersebut mengatakan bahwa kru memperhatikan alarm dari Sistem Pemantauan Waktu Nyata (RTM) dan mengurangi kedalaman penurunan kecepatan Titan.

"Apakah kamu perlu naik?" tanya kapal, yang menurut Titan mereka "akan melepaskan pemberat" dan "membuang rangka".

Mereka kemudian memulai naik tetapi lebih lambat dari yang diharapkan menurut teks tersebut. Transkrip itu mengatakan bahwa komunikasi terputus pada pukul 09:46.

"Kami tidak menerima (pesan) mu. Tolong perbarui, "kata Polar Prince. "Laporan status dan kedalaman. Kami membutuhkan Anda untuk merespons dengan status dan kedalaman.

"Kami tidak dapat membaca Anda. Kami pindah ke koordinat pemulihan. Laporkan jika Anda membaca," kata pesan dari Polar Prince.

Komunikasi terakhir dilakukan pada pukul 9:57 pagi ketika kapal induk memohon "Tolong tanggapi jika Anda bisa."

Kapal Selam Titan.

Photo :
  • OceanGate

Pemikiran bahwa para penumpang mungkin mengetahui ada yang salah dengan kapal tersebut dan mencoba untuk kembali ke permukaan sebelum meledak membuat orang-orang yang melihat postingan itu sedih.

Satu orang mengomentari transkrip mengatakan "Jika ini nyata, mereka harus menahan tekanan selama 18 menit sebelum ledakan yang akan datang. Betapa menakutkannya."

"Mereka tahu mereka dalam masalah. Bayangkan perasaan tidak berdaya. Mendengarkan suara-suara itu pasti mengerikan," kata yang lain.

Pihak berwenang sekarang telah mengkonfirmasi bahwa mereka menemukan penumpang di puing-puing yang ditemukan dari kapal selam Titan yang akan dikirim untuk analisis formal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya