Usman Kansong: Kominfo Lagi Usut Dugaan Kebocoran Data Paspor oleh Bjorka

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Hacker Bjorka mengaku memegang hampir 35 juta data dari paspor masyarakat Indonesia. "All Indonesian passports issued by Directorate General of Immigration of Indonesia," tulis Bjorka di saluran Telegram.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Atas kabar tersebut, Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim mengatakan bahwa pusat data atau data center Imigrasi tersimpan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Yang jelas data center imigrasi saat ini menggunakan PDN (pusat data nasional) Kementerian Kominfo," ujarnya.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) Usman Kansong menyebut ada perbedaan struktur data antara yang ada di Pusat Data Nasional (PDN) dengan dugaan data yang dibocorkan Bjorka.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Ilustrasi paspor.

Photo :
  • U-Report

"Hasil sementara ada perbedaan struktur data antara yang ada di Pusat Data Nasional dengan yang beredar," ujarnya kepada VIVA Tekno, Rabu, 5 Juli 2023.

Kominfo bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Ditjen Imigrasi Kemenkumham, dikatakan Usman Kansong, masih meneliti hal ini dan tengah melakukan penelusuran.

Hacker Bjorka mengatakan bahwa data paspor masyarakat Indonesia itu dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham. Dipaparkan bahwa data yang berhasil diraup sebanyak 34.900.867 dengan ukuran 4GB.

Hasil peretasan itu terdiri dari nama, nomor paspor, tanggal masa berlaku, tanggal lahir, jenis kelamin dan tanggal pembuatan paspor. Data tersebut dibanderol dengan harga US$10.000 atau Rp150 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya