Otak Manusia Menyusut karena Perubahan Iklim

Ilustrasi otak
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Sebuah studi baru menunjukkan hubungan antara perubahan iklim masa lalu dan penurunan ukuran otak manusia –respons adaptif yang muncul dalam analisis catatan iklim dan sisa-sisa manusia selama periode 50.000 tahun.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Penelitian oleh ilmuwan kognitif Jeff Morgan Stibel dari Museum Sejarah Alam di California menambah pemahaman kita tentang bagaimana manusia berkembang dan beradaptasi sebagai respons terhadap tekanan lingkungan.

"Mengingat tren pemanasan global baru-baru ini, sangat penting untuk memahami dampak perubahan iklim, jika ada, pada ukuran otak manusia dan pada akhirnya perilaku manusia," tulis Stibel dalam makalahnya.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Studi tersebut melihat bagaimana ukuran otak dari 298 spesimen Homo berubah selama 50.000 tahun terakhir dalam kaitannya dengan catatan alami suhu global, kelembapan, dan curah hujan.

Ketika iklim menjadi lebih hangat, rata-rata ukuran otak tumbuh jauh lebih kecil daripada saat lebih dingin, menurut situs Science Alert, Rabu, 5 Juli 2023.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Penelitian Stibel sebelumnya tentang penyusutan otak mendorong penyelidikan ini karena dia ingin memahami akar penyebabnya.

Ilustrasi perubahan iklim.

Photo :
  • Deccan Herald

"Memahami bagaimana otak telah berubah dari waktu ke waktu pada hominin sangat penting, tetapi sangat sedikit penelitian yang dilakukan mengenai hal ini," kata Stibel.

Dia mengaku tahu bahwa otak telah tumbuh lintas spesies selama beberapa juta tahun terakhir, tetapi hanya tahu sedikit tentang tren makroevolusi lainnya.

Stibel memperoleh data tentang ukuran tengkorak dari sepuluh sumber terbitan terpisah, dengan total 373 pengukuran dari 298 tulang manusia selama 50.000 tahun. Dia memasukkan perkiraan ukuran tubuh yang disesuaikan dengan wilayah geografis dan jenis kelamin untuk memperkirakan ukuran otak.

Fosil-fosil tersebut dikelompokkan berdasarkan berapa lama mereka hidup, dan Stibel melakukan penelitiannya menggunakan empat rentang usia fosil yang berbeda yaitu 100 tahun, 5.000 tahun, 10.000 tahun, dan 15.000 tahun untuk membantu menjelaskan kesalahan penanggalan.

Kemudian dia membandingkan ukuran otak dengan empat catatan iklim, termasuk data suhu dari Proyek Eropa untuk Ice Coring di Antartika (EPICA) Dome C. Inti es di EPICA Dome C memberikan pengukuran suhu permukaan yang akurat selama lebih dari 800.000 tahun .

Dalam 50.000 tahun terakhir, terjadi Maksimum Glasial Terakhir yang menyebabkan suhu rata-rata menjadi lebih dingin secara konsisten hingga akhir Pleistosen Akhir. Holosen kemudian melihat suhu rata-rata naik hingga sekarang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya