Menkominfo ingin Data Center Indonesia Mendunia

Menkominfo Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • Dok. VIVA.co.id

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mendorong industri pusat data (data center) Indonesia bisa mendunia, setidaknya berada di level Asia Tenggara.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

"Saya ingin mendorong pertumbuhan industri ini agar go global. Tidak perlu jauh-jauh, setidaknya level Asia Tenggara dulu," kata dia di Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.

Menkominfo menjelaskan pada 2028 nilai pasar kegiatan layanan data center di Asia Tenggara diproyeksikan mengalami kenaikan 135 persen dibanding 2023. Jika dibandingkan pada tingkat global, kata dia, rata-rata pertumbuhannya hanya 15,2 persen setiap tahunnya.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

"Tentu peluang ekonomi dalam layanan pusat data di tingkat regional tidak boleh dilewatkan. Apalagi tingkat nasional, penetrasi internet di Indonesia yang terhubung sudah mencapai 79,5 persen atau sekitar 220 juta penduduk Indonesia," ujar Budi Arie.

Menurutnya, jumlah penetrasi internet tersebut merupakan pasar yang sangat besar, dan menunjukkan potensi keunggulan pusat data yang signifikan.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Namun, Menkominfo mengingatkan tantangan dalam aspek kapasitas Pusat Data Center Indonesia yang hanya memiliki kapasitas 184 megawatt pada 2023.

Menurut dia, angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga Singapura yang memiliki data center berkapasitas 707 megawatt.

"Kita memang masih perlu banyak melakukan pekerjaan rumah. Mulai dari optimalisasi pembangunan infrastruktur jaringan internet, pemenuhan kebutuhan talenta, hingga penyediaan akses teknologi digital," tutur Menkominfo Budi Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya