Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.
Sumber :
  • Dok. Kemenkominfo

VIVA Tekno – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengungkapkan bahwa perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat (AS) Microsoft dan Apple berniat melakukan investasi di Indonesia.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Jadi, ada dua CEO yang mau berkunjung ke Indonesia. CEO Apple dan Microsoft. Keduanya sudah bersurat resmi. Mereka punya niat untuk melakukan investasi di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.

Nezar Patria berharap kolaborasi yang akan terbangun nantinya dengan kedua perusahaan itu akan memberikan manfaat besar, terutama dalam pembangunan kapasitas dan kompetensi talenta digital di Tanah Air.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Terkait tentang fokus kolaborasi dengan Apple dan Microsoft, Wamenkominfo mengatakan hal yang didorong, di antaranya akan mencakup tentang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan sektor manufaktur.

Ia menilai rencana investasi kedua perusahaan tersebut akan membuka peluang yang luas bagi Indonesia.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Kalau mereka berminat untuk berinvestasi, saya kira kita membuka tangan yang lebar dan tentu saja sambil memperkuat kekuatan nasional kita sendiri," jelas Nezar Patria.

Wamenkominfo menjelaskan dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook rencananya akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mereka mengirimkan surat untuk bisa bertemu dengan pimpinan negara (Presiden Jokowi)," papar dia.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengaku siap untuk menemui perwakilan dari para raksasa teknologi global, yaitu Apple dan Microsoft, secara umum ditujukan untuk mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia.

"Microsoft (ingin hadir) pada pertengahan bulan April. Apple tanggal 20 April dan mau membuat Apple Academy. Khusus Microsoft, salah satu topik bahasannya terkait pengembangan talenta digital dan pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) di Indonesia," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya