Polisi Malaysia Tangkap 3 Orang Pemasok Senjata Api ke Warga Israel

Warga Israel yang Masuk ke Malaysia Secara Ilegal (Doc: X)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Kuala Lumpur – Polisi di Malaysia telah menangkap tiga orang, yang diduga memasok senjata api kepada seorang pemegang paspor Israel, yang ditahan awal pekan ini di sebuah hotel di Kuala Lumpur.

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

Menurut pengumuman Inspektur Jenderal Polisi Razarudin Husain, pada Jumat malam, 29 Maret 2024, pria Israel berusia 36 tahun itu bersenjata lengkap, membawa tas berisi enam pistol dan 200 peluru. Dia diyakini memasuki negara tersebut dari UEA pada 12 Maret, menggunakan paspor Prancis palsu.

"Dia memasuki Malaysia pada 12 Maret menggunakan paspor Prancis, ditangkap pada 27 Maret dan akan ditahan hingga 31 Maret untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata Husain kepada wartawan tanpa menyebut nama tersangka.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

VIVA Militer: Warga Israel bebas menggunakan senjata api

Photo :
  • aljazeera.com

“Selama pemeriksaan, dia menyerahkan paspor Israelnya kepada kami," ungkapnya, dikutip dari Middle East Monitor, Senin, 1 April 2024.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Husain mengatakan polisi sedang menyelidiki kemungkinan pria tersebut adalah anggota intelijen Israel, meskipun tersangka mengklaim dia memasuki Malaysia untuk mencari warga negara Israel lainnya karena perselisihan keluarga.

“Namun, kami tidak sepenuhnya mempercayai narasi ini karena kami menduga mungkin ada agenda lain,” kata Husain, seraya menambahkan bahwa pria yang ditahan tersebut berpindah-pindah ke beberapa hotel selama berada di Malaysia.

Sebelumnya, Reuters melaporkan bahwa tiga warga Malaysia, termasuk pasangan suami istri, ditangkap pada hari Jumat dan telah ditahan selama tujuh hari karena dicurigai memasok senjata dan bertindak sebagai sopir tersangka Israel. Sebuah pistol juga diambil dari mobil milik pasangan itu, katanya.

Pihak berwenang Malaysia telah berada dalam siaga tinggi setelah penangkapan pria tersebut, dan keamanan ditingkatkan untuk raja Malaysia, Perdana Menteri Anwar Ibrahim dan tokoh-tokoh penting lainnya, lapor kantor berita tersebut.

Meskipun tersangka Israel masih belum disebutkan namanya, Times of Israel, mengutip media Ibrani melaporkan bahwa tersangka itu adalah mafia Israel Shalom Avitan, yang merupakan rekan dari keluarga kriminal Musli bersaudara.

(Ilustrasi) Tentara Israel menembak mati warga Palestina

Photo :
  • The Atlantic

Avitan dilaporkan sedang dalam perjalanan untuk membunuh Eran Haya, kepala keluarga kriminal saingannya. Kedua sindikat tersebut telah terlibat perseteruan sengit selama berbulan-bulan.

Menurut Channel 12, rumah Avitan, di lingkungan kelas atas Bavli di Tel Aviv, menjadi sasaran beberapa granat yang dilemparkan oleh anak buah Haya pada pertengahan Maret, saat Haya dikatakan telah memasuki Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya