Malam Ini Bulan dan Saturnus akan Terlihat Luar Biasa di Langit

Konjungsi planet.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Pada awal Juli, Bulan akan lewat dekat tiga planet tetangga tata surya bagian dalam Bumi, ditambah dua planet terbesar yang mengorbit Matahari.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Pertama adalah raksasa gas Saturnus dan Jupiter, yang akan terlihat di sebelah Bulan sebelum Matahari terbit di awal bulan. Kemudian Merkurius, Venus dan Mars, akan bersinar mendekati Bulan sabit setelah Matahari terbenam.

Kelima planet dan satelit alami Bumi akan mudah terlihat dengan mata telanjang dari mana saja di dunia dengan langit cerah. Namun, teropong bintang yang bagus atau teleskop kecil yang bagus akan meningkatkan tampilannya. 

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Konjungsi pertama (peristiwa langit di mana dua objek tampak berdekatan di langit malam Bumi) antara Bulan dan Saturnus akan terjadi pada hari ini, ketika Bulan bungkuk yang memudar dengan pencahayaan 80 persen akan terlihat tepat di bawah Saturnus. 

Kedua objek tersebut akan terbit di langit malam tenggara pada dini hari dan terlihat hingga fajar menyingsing, seperti dikutip VIVA Digital dari laman Live Science, Jumat, 7 Juli 2023.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Kemudian pada 11 Juli, Bulan gibbous yang memudar dengan pencahayaan 37 persen, terletak sedikit di atas Jupiter akan terbit di timur saat larut malam. Keesokan paginya, Bulan akan memudar menjadi 27 persen iluminasi dan akan terlihat tepat di bawah Jupiter. 

Merkurius, Venus, dan Mars -tiga planet berbatu lainnya di tata surya- akan dikelompokkan secara dekat dengan Bulan sabit bungkuk ramping di langit malam barat sore dari 19 Juli hingga 21 Juli. 

Karena Bulan sabit akan menyala hampir 5 persen pada 19 Juli, bagaimanapun, ini akan menjadi malam tersulit untuk melihatnya dekat dengan planet berbatu. Itu juga berlaku untuk Merkurius, yang akan berada sangat rendah di cakrawala.

Parade lima planet sejajar bisa dilihat dari Bumi.

Photo :
  • Twitter @themoonlovepic

Namun, Venus yang cerah akan terlihat jelas di samping bulan sabit, sedangkan Mars akan terlihat dengan mudah di atas. Jangan salah mengira Mars sebagai Regulus, bintang paling terang di Leo, yang akan berada di antara Venus dan Mars. 

Gunakan teropong, temukan pandangan yang jelas ke arah ufuk barat dan lihat sekitar 35 menit setelah Matahari terbenam, menurut When The Curves Line Up, sebuah situs yang dijalankan oleh astronom Jeffrey Hunt.

Pada 20 Juli, Bulan sabit akan lebih mudah dilihat. Selain 10 persen menyala, itu akan naik lebih tinggi dan akan bersinar di samping Mars, tepat di atas Venus. Merkurius akan tetap rendah di ufuk barat laut. 

Saat menatap ketiga planet tersebut, carilah 'Da Vinci glow' di bagian gelap bulan. Ini juga disebut Earthshine, fenomena yang disebabkan oleh sinar Matahari yang dipantulkan dari lautan, awan dan es Bumi.

Sore berikutnya, 21 Juli, bulan sabit dengan penerangan 16 persen akan tampak lebih tinggi di atas ufuk barat, tetapi akan sejajar dengan Mars dan Venus. Merkurius akan berada di sebelah kanan Venus. 

Pada malam-malam berikutnya, Bulan akan meninggalkan pemandangan dan naik lebih tinggi ke langit pasca Matahari terbenam, dengan Venus tenggelam ke dalam sorotan Matahari, sementara Merkurius terus naik di atasnya. 

Kemudian 28 Juli, Merkurius akan bersinar hanya sepersepuluh derajat Regulus saat senja, menurut Planetarium Adler. Itu akan menjadi pemandangan yang luar biasa, bahkan dengan mata telanjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya