GoTo Ikut Berpartisipasi dalam Pengelolaan Sampah

Goto, Gojek dan Tokopedia.
Sumber :
  • GoTo

VIVA Tekno – Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia memiliki target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan pengelolaan sampah dengan baik sebesar 70 persen pada tahun 2025. 

Bus Pariwisata Angkut Rombongan SMK Depok Terguling di Ciater, Sandiaga Uno Tegaskan Ini

Untuk mencapai tujuan bersama ini, semua pihak perlu bergotong royong dan mengambil peran aktif. GoTo Impact Foundation (GIF), yang sebelumnya bernama Yayasan Anak Bangsa Bisa atau YABB, menggelar acara Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) Innovation Day.

Gelaran ini bertujuan untuk membangun innovation ekosistem dengan mengumpulkan para pembuat dampak dari sepanjang rantai pengelolaan sampah untuk saling belajar, merayakan kolaborasi multi sektor, dan berpartisipasi aktif dalam penyelesaian masalah sampah.

Heru Budi Mau Contoh Singapura dan Jepang agar Jakarta Punya TPA Lumpur

"Setelah tiga tahun berjalan, GIF menyadari bahwa upaya yang dilakukan sendiri-sendiri tidak cukup untuk menghasilkan perubahan jangka panjang," kata Chairperson GoTo Impact Foundation, Monica Oudang di Jakarta, Kamis, 6 Juli 2023.

GIF mengedepankan kekuatan gotong royong dalam melahirkan inovasi yang berkelanjutan. Mereka ingin membangun ekosistem di mana mereka memobilisasi dan menyatukan para pembuat dampak, pendanaan, pengetahuan, dan keahlian. 

Groundbreaking RDF Plant, Heru Budi: Ini Akan Jadi Salah Satu Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia

Ilustrasi Sampah Plastik

Photo :
  • ist

Misi ini diwujudkan lewat CCE, prototipe yang berperan sebagai katalisator dalam mengatasi permasalahan iklim di Indonesia dengan lebih cepat, berkelanjutan, dan dalam skala lebih besar. 

GIF mengkoneksikan para ahli dari berbagai sektor dengan komunitas di lapangan sehingga semua pihak bisa ikut berinovasi bersama pembuat dampak dan penerima manfaat melalui pemanfaatan data dan pengembangan kapasitas. 

Pada tahun 2021, GIF memulai CCE dengan mengumpulkan 33 changemakers yang terdiri dari startup dan organisasi masyarakat sipil ke dalam Catalyst Changemakers Lab (CCL) untuk pengembangan kapasitas dan kolaborasi multi sektor. 

Selanjutnya, GIF juga memberikan pendanaan dan memfasilitasi implementasi proyek percontohan yang menyasar permasalahan sampah di perairan Bandar Lampung, bencana hidrometeorologi di Semarang, dan akses air bersih di Makassar.

Memasuki gelombang kedua di 2023, CCE mengumpulkan 50 changemakers  untuk melakukan upaya intervensi dengan prinsip  ekonomi sirkular yang menyasar pada pengelolaan sampah di kawasan strategis destinasi wisata, yakni Bali, Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya