Rusia Banyak Diblokir Elit Penguasa, Vladimir Putin Siapkan Proyek Nasional

Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • Kremlin Pool Photo via AP

VIVA Tekno – Presiden Rusia, Vladimir Putin mengambil bagian dalam Forum Teknologi Masa Depan -sebuah acara tahunan yang bertujuan untuk membahas tren dalam pengembangan teknologi baru dan kemajuan ilmiah utama dalam negeri.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

Vladimir Putin mengusulkan untuk menyiapkan proyek nasional baru tentang pembentukan ekonomi data hingga tahun 2030, menurut situs Sputnik Globe, Sabtu, 15 Juli 2023.

"Saya mengusulkan untuk menyiapkan proyek nasional baru untuk tahun 2030 yang disiapkan dalam waktu satu tahun, yaitu proyek nasional untuk pembentukan ekonomi data," kata Putin di sebuah forum teknologi.

GAC Aion Pakai Teknologi Canggih Untuk Baterai Mobil Listrik Produksinya

Elit penguasa dari beberapa negara telah melakukan blokade teknologi terhadap Rusia, tambah Vladimir Putin.

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • politico.eu
Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

"Saya menganggap penting untuk berbicara tentang bagaimana kami membangun pekerjaan kami di tingkat negara bagian, bagaimana kami membangun kerja sama ilmiah dan teknologi internasional dalam kondisi ini yang diumumkan oleh pihak berwenang dan elit penguasa, kemungkinan besar elit dari beberapa negara," jelasnya.

Rusia tidak akan menyerah dan akan maju dengan caranya sendiri, tidak mengisolasi diri dari dunia, tegas Putin.

“Di bidang-bidang yang kritis untuk pembangunan negara, kita harus memiliki kompetensinya sendiri. Pada saat yang sama, kita tidak hanya harus memiliki perkembangan ilmiah dan solusi dasar, tetapi seluruh rantai teknologi dan produksi," ujarnya.

Menurut Putin, Rusia telah belajar dari pengalaman ketika beberapa mitra asing menghentikan kerja sama dalam teknologi.
Presiden Rusia juga mengatakan bahwa ketergantungan pada teknologi asing menimbulkan ancaman serius bagi keamanan nasional dan dapat menyebabkan melemahnya atau hilangnya kedaulatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya